Apa Saja Manfaat Cabe Jamu

Salah satu jenis tanaman rempah yang yang termasuk dalam golongan sirih-sirihan yang bisa dijadikan ramuan obat adalah cabe jamu atau dikenal juga dengan nama cabe jawa, cabe sulah hingga cabe alas.

Mendengar kata ramuan obat, tentu yang terlitas dipikiran banyak orang adalah kombinasi atau campuran dari berbagai macam rempah-rempah yang dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu rempah yang sering digunakan untuk ramuan obat adalah cabe jamu. Hal itu tentu tidak lepas dari banyaknya khasiat yang dapat diperoleh jika mengkonsumsi cabe jamu. Cabe jamu memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti minyak astiri, piperine, sesamin, palmitic ascid serta benzene.

Bagi yang ingin tahu apa saja manfaat yang bisa diperoleh atau dirasakan jika mengkonsumsi cabe jamu. Langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

Sakit Gigi

Salah satu manfaat cabe jamu adalah untuk mengobati sakit gigi. Dimana sakit gigi biasanya disebabkan karena gigi berlubang ataupun disebabkan karena peradangan pada gigi.

Demam

Selain bisa bermanfaat untuk obat sakit gigi. Cabe jamu juga dimanfaatkan untuk menurunkan panas dalam yang disebabkan karena cuaca yang tidak tentu sehingga virus dapat dengan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh.

Anemia

Cabe jamu juga bermanfaat untuk mencegah serta mengatasi terjadinya penyakit anemia. Dimana anemia merupakan slah satu penyakit yang disebabkan karena menurunkan jumlah hemoglobin yang ada didalam tubuh.

Diare

Pada saat mengalami diare biasanya tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Apabila hal tersebut tidak cepat diatasi tentu dapat menganggu kesehatan tubuh. Ternyata cabe jawa juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare, sehingga tubuh tidak kekurangan cairan.

Flu

Cabe jawa juga bisa digunakan sebagai obat flu dengan cara meminum air rebusan cabe jawa. Biasanya pada saat terkena flu akan diikuti dengan panas badan yang tinggi dan juga sakit kepala.

Sakit Pinggang

Sakit pinggang biasanya dialami oleh manusia diusia 30 sampai 50 tahun keatas. Walaupun sakit pinggang termasuk penyakit yang biasa saja tetapi hal itu sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Untungnya ada cabe jamu yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit sakit pinggang.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *