Apa Yang Dimaksud Dengan Kapal Motor?

Dalam bahasa Inggris kapal motor disebut dengan motor ship atau motor vessel. Motor ship atau motor vessel ini merupakan jenis kapal yang memiliki mesin pembakaran dalam, biasanya menggunakan mesin diesel.

Dalam istilah Internasional, penamaan motor ship atau motor vessel ini umumnya sering disingkat menjadi MS, M/S, MV, atau M/V. Lalu bagaimana dengan kapal yang sering disingkat dengan SS?

Istilah atau singkatan SS umumnya digunakan pada kapal bertenaga uap atau didalam bahasa Inggrisnya disebut dengan steam ship atau screw-driven steamship. Dan jika diperhatikan istilah SS ini umumnya ditambahkan sebelum nama kapal, misalnya seperti SS Savannah, SS Titanic, SS Kiangya, SS Mont Blanc, dan lain sebagainya.

Selain MS, M/S, MV, atau M/V, bentuk kapal motor lain adalah PS atau paddle steamers. PS atau paddle steamers ini merupakan jenis kapal yang menggunakan roda dayung dan juga TS atau turbine ship.

Pada dasarnya mesin penggerak utama atau mesin induk kapal banyak jenisnya. Umumnya faktor ekonomis dan faktor-faktor desain menjadi penentu utama mesin jenis apa yang cocok untuk dipasang pada sebuah kapal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *