Apakah Tugas PPKI

Apakah tugas ppki? Merupakan pertanyaan yang sering ditemui saat sedang belajar sejarah. Namun sebelum menjawab pertanyaan tersebut. wajib hukumnya untuk mengetahui apa itu ppki. Ppki merupakan singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Ppki sendiri lahir dikarenakan dorongan masyarakat indonesia yang ingin segera merdeka.

Akhirnya ppki lahir pada 7 agustus 1945 dengan dinahkodai ir Soekarno dan Moh Hatta. Ppki merupakan salah satu lembaga yang banyak membantu dalam berdirinya negara kesatuan indonesia. Sehingga jasa dari ppki tersebut masih dikenang hingga saat ini dan selalu muncul dalam mata pelajaran sejarah indonesia. Lalu apakah tugas ppki? Tugas ppki sendiri tentunya tidak hanya satu saja. Berikut adalah diantaranya.

Tugas PPKI yang Wajib kita Ketahui

Tugas pertama tentu adalah menyiapkan kemerdekaan indonesia. Tentu yang dimaksud adalah menyiapkan segala hal untuk merdeka. Diantaranya adalah proklamasi yang akan dibacakan pada 17 agustus 1945, lalu penyiapan acara tersebut, dan agenda yang harus dilakukan setelah proses kemerdakaan tersebut. lalu yang kedua adalah memilih presiden dan wakilnya. Berbeda dengan sekarang yang sudah ada pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden secara langsung oleh rakyat.

Sebelumnya sendiri pemilihan presiden dan wakilnya langsung ditunjuk oleh ppki. ir Soekarno dan Moh Hatta adalah dua orang yang dipilih untuk menjadi presiden dan wakil presiden indonesia yang pertama. sedangkan tugas ppki yang ketiga adalah Membuat undang undang dasar negara. Semua negara pasti membutuhkan dasar dan aturan sebagai hukum dari negara tersebut. indonesia sendiri mempunyai undang undang dasar tahun 1945 yang masih digunakan hingga saat ini.

PPKI dan Hubungannya Dengan sitem Pemerintahan saat ini

Pembuatan, penyusunan, dan juga pengesahan dari undang undang dasar 1945 dulu dilakukan oleh ppki. Lalu tugas dari ppki yang terakhir adalah mendirikan komnas untuk membantu tugas presiden. Komnas sendiri merupakan komite nasional. Jadi untuk membantu presiden dan wakil presiden dalam menjalankan tugas agar lebih maksimal. Maka hadirlah Komite Nasional bentukan dari ppki tadi. Ini dilakukan sebelum adanya DPR dan MPR pada saat itu.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *