Bagaimana Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia Lengkap dengan Contohnya

Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia? Indonesia sejak dari dulu dikenal sebagai salah satu negara dengan keberagaman yang sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya suku berikut budaya yang berbeda-beda yang memiliki kekhasan masing-masing di setiap daerah.

Keberagaman ini mencakup adat istiadat, bahasa daerah, hingga kuliner dan kerajinan yang dihasilkan. Selain itu keberagaman masyarakat Indonesia pun bisa dilihat dengan sangat jelas dari agama dan kepercayaan masyarakat.

Tetapi keberagaman ini jika dipandang negatif mampu menjadi pemicu perpecahan. Sebab keberagaman justru disikapi sebagai biang pemecah dan pembeda. Akibatnya, masalah akan terjadi. Namun jika dipandang positif, kebergaman ini sejatinya merupakan kekayaan dan kekuatan tersendiri dari bangsa Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

Dari ulasan singat di atas bisa diambil kesimpulan jika bentuk keberagaman masyarakat Indonesia meliputi keberagama agama dan kepercayaan, keberagaman ras, keberagaman suku, keberagaman bahasa, keberagaman adat istiadat, dan keberagaman budaya. Dan keberagamanan ini justru mampu menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majmuk.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *