Bakso Ikan, Alternatif Sajian Bakso yang Kaya Gizi

Bakso identik dengan olahan daging sapi yang dipadukan dengan kuah kaldu yang gurih. Bakso yang dijual di pasaran baik sebagai bakso siap saji maupun yang dijual di warung bakso biasanya terbuat dari daging sapi. Untuk beberapa orang yang tidak menyukai olahan daging sapi atau vegetarian, mereka dapat memilih varian bakso lain, yaitu bakso ikan. Varian bakso ini terbuat dari ikan laut dan ikan air tawar yang kaya akan protein dan kandungan gizi. Selain itu, bakso ikan juga meiliki cita rasa yang gurih dan tidak kalah dari bakso daging. Oleh karena itu, bakso ikan bisa menjadi sajian alternatif yang pas sebagai kudapan keluarga.

Memilih jenis ikan yang sesuai untuk bakso ikan

Memilih jenis ikan sebagai bahan untuk membuat bakso ikan tentu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti karakteristik daging ikan, kesegaran ikan, dan jenis ikan. Karakteristik ikan yang cocok dan mudah untuk dibuat menjadi bakso ikan adalah ikan yang durinya sedikit dan tidak menyebar. Sehingga, duri-duri tersebut akan mudah dibersihkan saat pengolahan. Bagaimana memilihnya? Pilihlah ikan yang mempunyai daging yang tebal dan durinya terkumpul di bagian tengah ikan. Hal ini akan memudahkan mengolah daging ikan tersebut.

Kesegaran daging ikan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat bakso ikan. Ikan yang segar akan menghasilkan bakso ikan yang lebih nikmat. Kenapa? Ikan yang segar mempunyai tekstur yang lebih kenyal dan bagus untuk diolah menjadi bakso ikan. Selain itu, aroma ikan segar juga tidak menusuk. Walaupun begitu, ikan fillet juga bisa menjadi salah satu pilihan. Ikan fillet yang digunakan harus dalam keadaan dingin. Hal ini untuk menjaga tekstur ikan fillet agar tetap kenyal saat diolah menjadi bakso ikan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis ikan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan yang digunakan hendaknya ikan yang mempunyai duri yang tidak menyebar. Beberapa jenis ikan dapat digunakan seperti ikan tenggiri, kakap, nila, marlin, dan kerapu. Hal ini disebabkan daging ikan tersebut tebal dan durinya tidak menyebar. Sehingga, akan lebih mudah untuk memisahkan duri dari daging. Akan tetapi, harga ikan tersebut relatif lebih mahal dibandingkan harga ikan yang lain. Oleh karena itu, ikan kembung, ikan gulama, dll bisa jadi alternatif bahan untuk membuat bakso ikan. Hal ini disebabkan harga ikan tersebut relatif lebih murah.

pixabay.com

Aneka Resep Olahan Bakso Ikan

Bakso ikan selain kaya akan protein dan kandungan gizi juga dapat diolah menjadi beberapa sajian makanan yang mengundang selera. Hal yang paling utama adalah membuat bola daging bakso ikan itu sendiri. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakso ikan adalah ikan kakap ( bisa diganti dengan jenis ikan lain), bawang putih, garam, kaldu bubuk, gula pasir, telur (bagian putihnya saja), tepung tapioka, es batu, dan air dingin.

Cara membuat bakso ikan cukuplah mudah. Pertama, bawang putih dihaluskan menggunakan food processor. Setelah itu, daging ikan dicampurkan ke dalam bawang putih yang telah dihaluskan. Kemudian, haluskan campuran hingga halus dan tercampur merata. Setelah itu, masukkan gula, garam, dan kaldu bubuk pada olahan daging ikan dan campurkan hingga merata. Kemudian, masukkan putih telur dan tepung tapioka secara bertahap. Es batu dimasukkan dalam adonan daging dan digiling hingga tercampur merata.

Siapkan baskom yang berisi air dingin. Kemudian, bentuk bola bakso dari adonan daging ikan tadi dan masukkan ke dalam air dingin yang ada dalam baskom. Tunggu hingga 15 menit, dan masukkan bakso ke dalam air mendidih. Masak bakso ikan hingga matang dan mengapung.

pixabay.com

Bakso ikan yang telah dibuat ini bisa diolah menjadi beberapa sajian yang menggugah selera. Jika kamu ingin makan olahan bakso ikan yang pedas, kamu bisa mencoba slebak ceker bakso ikan. Bahan-bahan yang diperlukan adalah ceker ayam, basreng, cabai bakso ikan, ruas kencur, bawang putih, penyedap rasa, air lemon, dan air putih.

Cara membuat masakan ini juga cukup sederhana. Pertama, bersihkan ceker ayam dan rebus dalam air mendidih hingga lunak. Penyedap rasa bisa ditambahkan untuk memberi bumbu pada ceker. Setelah matang, tiriskan. Bumbu seblak dibuat dari campuran kencur, bawang putih, dan cabai yang dihaluskan. Kemudian, bumbu ditumis dengan sedikit minyak sampai harum. Setelah itu, masukkan air ke dalam tumisan bumbu. Kemudian, masukkan bakso ikan, basreng, dan ceker secara bertahap ke dalam tumisan bumbu. Aduk secara merata. Tambahkan penyedap rasa, gula, dan garam sesuai selera. Setelah itu, tunggu hingga air pada seblak surut. Setelah matang, seblak ceker ayam dan bakso ikan bisa disajikan.

Varian lain yang bisa dibuat dengan menggunakan bakso ikan adalah sup ikan, sup ikan dan macaroni, capcay ayam dan bakso ikan, bakso ikan bakar, dll. Jika kamu tertarik mengikuti beberapa resep olahan bakso ikan, kamu bisa melihat resep yang telah dibuat oleh Sarah Jane Bedwell dan timnya. Ada banyak resep olahan yang disajikan dengan jelas. Mereka juga mencantumkan kandungan nutrisi dari setiap masakan sebagai panduan angka kecukupan gizi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *