Mengenal Batik Keris, Pabrik Batik yang Berdiri Sejak 1946 di Indonesia

Jika Anda bertanya tentang salah satu pabrik batik yang terkenal di Indonesia, sudah pasti jawabannya adalah Batik Keris. Perusahaan yang berdiri di Sukoharjo pada tahun 1946 ini merupakan penghasil banyak produk tekstil, mulai dari baju hingga kerajinan tangan.

Didirikan oleh Kasoem Tjokrosaputra, kini produsen batik ini sudah memiliki 125 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah, kira-kira bagaimana sepak terjang dan juga kualitas merk pengrajin batik satu ini? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut ini!

Sejarah dan Juga Perkembangan Batik Keris Hingga Saat Ini

pixabay.com

Pada awalnya, Perusahaan ini berdiri di Sukoharjo, tepatnya di Kelurahan Cemani dan merupakan “turunan” dari usaha yang sudah ditekuni orang tua Kasoem Tjokrosaputra sejak tahun 1920-an. Saat awal merintis, Almarhum Kasoem dan istrinya, Gaitini, berdagang batik bersama. Mereka juga mengenal dan belajar teknik berdagang dari orang tua Kasoem.

Sukses berdagang, keduanya lantas mendirikan toko batik di Jalan Yos Sudarso Solo dengan nama “Keris”. Perkembangan usaha ini dari masa ke masa membuat Kasoem dan istrinya mendirikan pabrik batik di daerah Kemlayan, tepat di belakang tokonya. Mereka juga mendirikan pabrik printing yang berlokasi di Kleco hingga membuka toko dimana-mana.

Konsistensi merk satu ini dalam melestarikan budaya bangsa patut diacungi jempol. Pasalnya, perusahaan ini memiliki misi yakni mengajak semua rakyat Indonesia untuk selalu berterima kasih kepada Tuhan karena menghadiahkan negeri seindah ini kepada kita. Tidak hanya kaya budaya, Indonesia juga kaya akan seni, kerajinan, dan banyak hal lainnya.

Inilah yang membuat merk batik satu ini meminta masyarakat menunjukkan apresiasi mereka kepada tanah air dengan produk-produk yang mewakilinya. Dengan misinya ini, maka perusahaan menggali berbagai desain seni, pakaian, kriya, hingga tari dan suara untuk dipopulerkan kepada banyak orang. Mereka juga memodifikasi berbagai hasil karya mereka sehingga tak termakan zaman. Inilah yang menjadi salah satu kunci sukses mereka.

Produk-Produk yang ada di Batik Keris

pixabay.com

Tidak hanya menjual pakaian adat berupa batik, ikat, lurik, dan lain sebagainya, pabrik ini juga menjual berbagai kerajinan sehingga berperan sebagai “Pusat Kerajinan Nusantara”. Pembuatan batik sendiri sejatinya ada dua cara, yakni dengan manual maupun dengan mesin.

Batik dengan cara manual bisa disebut dengan metode manual tradisional wax-resist dying, yakni malam yang dioleskan untuk mencegah pewarnaan. Cara inilah yang menjadi landasan membuat batik selama ini oleh banyak pihak. Metode wax-resist dibagi lagi menjadi dua, yakni dengan metode cap dan metode tulis. Meski berkualitas baik dan tahan lama, namun kekurangan dari metode ini yakni proses pembuatannya yang memakan waktu lama.

Untuk itulah sekarang ini banyak dibuat batik dengan metode print, yakni metode yang menggunakan mesin dengan motif desain yang didapat dari komputer. Teknik printing ini meski cepat dan bisa memproduksi banyak kain dalam jumlah besar, namun tentunya tidak akan mengalahkan batik dengan metode manual.

Itulah mengapa turis dari mancanegara senang berburu batik. Tidak hanya karena keindahannya, namun juga karena perjuangan yang mewarnai setiap lembar kainnya.

Berbicara mengenai hasil produksi batik dan tekstil dari perusahaan ini, tentunya tidak bisa dianggap remeh. Produk mereka sudah merambah pasar dalam negeri dan juga sudah diekspor sehingga dengan kata lain sudah terjangkau hingga luar negeri.

pixabay.com

Menggunakan para tenaga ahli di bidangnya, kualitas produk dari batik ini memang tidak bisa diragukan. Mereka menggunakan bahan dasar yang mumpuni, sebut saja Primissima, Mori Biru, Prima, Georgette, Tayon, Nylon, Sifon, Flanel, hingga Sutera dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan inilah yang nantinya akan dibuat semenawan mungkin, mulai untuk anak-anak, remaja, hingga para orang dewasa.

Batik karya pabrik ini bukan batik dengan model kaku, melainkan sudah mengikuti tren fashion yang berkembang dengan target yang merata. Mulai dari koleksi sutra, slim fit, hingga pasar untuk remaja, wanita karier, dan ibu rumah tangga.

Tentunya dengan segala kualitas yang dijaga, pasar merk satu ini bisa dikatakan berada pada tingkatan menengah ke atas. Meski harganya tidak bisa dibilang murah, namun jangan salah… Anda dipastikan tidak akan kecewa membeli salah satu produk batik ini karena kualitas dari harga yang menyertainy sangat sepadan.

Terbukti, pasarnya ada di berbagai kota di seluruh Indonesia. Gerai-gerai resmi mereka ada di Jakarta, Depok, Tangerang, Cirebon, Bekasi, dan juga Bogor.

Ada juga di daerah Bandung, Malang, Magelang, Semarang, Yogyakarta, serta Solo dan Surabaya. Ada pula di Medan, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, dan Jambi. Terakhir, gerai mereka di Indonesia ada pula di Bali, Lombok, Makasar, serta Pangkalpinang.

Tidak hanya di Indonesia saja, perusahaan ini juga melebarkan pemasaran mereka ke berbagai negara di dunia. mulai dari Amerika Serikat, Uni Eropa, hingga Timur Tengah dan berbagai negara di kawasan Asia. Pemasaran mereka juga sangat lengkap, mulai dari toko resmi, agen, hingga pelanggan tetap.

Demikian ulasan kali ini tentang sepak terjang Batik Keris. Semoga bermanfaat dan memberi Anda wawasan baru!

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *