Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Organ Ginjal

Organ ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada dalam tubuh manusia. Organ ini harus selalu mendapatkan perhatian agar kesehatan seseorang tetap terjaga. Namun sangat disayangkan sekali kalau pengetahuan akan organ ginjal masih sangat kurang. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal penting tentang organ ginjal yang perlu anda ketahui. Berikut ini penjelasannya :

  1. Letak ginjal

Letak ginjal ini persisnya di belakang rongga perut dan diatas pinggang. Pada bagian belakang ginjal sudah dilindungi oleh tulang rusuk. Apabila anda menempatkan tangan pada pinggul maka posisi ibu jari akan menunjukkan posisi organ ginjal.

  1. Kesehatan ginjal

Kita ketahui bersama kalau ginjal ini memiliki fungsi vital dalam menyaring darah dari berbagai racun yang ada dalam tubuh manusia. Maka dari itu kesehatan ginjal sangat mudah sekali terganggu bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk seperti peminum dan perokok berat. Merokok ini sangat bahaya karena bisa meningkatkan endapan kolesterol dalam pembuluh darah besar. Sehingga bisa mengurangi suplai darah pada ginjal. Secara otomatis bisa mengurangi suplai oksigen yang masuk ke ginjal sehingga bisa membuat fungsi ginjal menurun.

  1. Jumlah darah di saring oleh ginjal

Setiap hari ginjal orang dewasa mampu menyaring 180 liter darah untuk menghilangkan kandungan racun yang ada pada tubuh.

  1. Makanan yang tepat untuk kesehatan ginjal

Berbagai jenis makanan yang cocok untuk kesehatan ginjal adalah kacang hijau, nanas, dan kopi. Makanan ini baik untuk ginjal karena rendah kalium. Kalium ini merupakan mineral yang ada pada makanan namun sangat tidak baik untuk ginjal.

  1. Kebiasaan yang merusak organ ginjal

letak ginjal yang sangat penting dalam tubuh maka kita harus ekstra memperhatikan kesehatannya. Ketika sudah rusak sedikit saja maka bisa membahayakan seluruh organ tubuh. Walau rokok berperan dalam merusak ginjal, banyak mengkonsumsi obat juga bisa mengganggu penyaringan ginjal.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang pentingnya organ ginjal. Selain itu anda harus ekstra dalam menjaga kesehatan ginjal agar tidak rusak. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan tentang organ ginjal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *