Berbagai Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagian besar orang selalu beranggapan bahwa cacing tanah merupakan hewan yang sangat menjijikkan. Padahal cacing tanah memiliki manfaat yang sangat beragam di berbagai aspek kehidupan manusia. Hewan yang satu ini meningkatkan unsur hara untuk dapat membentuk suatu lapisan tanah yang bernutrisi atau subur dan gembur untuk lahan pertanian. Sedangkan di dunia medis, cacing tanah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan yang dimilikinya. Nah, maka dari itu kali ini kami akan menjelaskan kandungan-kandungan cacing tanah dan manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan Cacing Tanah

Cacing tanah mempunyai kandungan asam amino, protein yang tinggi, dan berbagai enzim lainnya yang bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh jika sudah diolah. Perlu Anda ketahui bahwa kadar protein dan asam amino yang terkandung dalam tubuh hewan tak berkaki ini sangat tinggi. Kandungan proteinnya adalah 76% yang jauh lebih tinggi dari daging ikan yang hanya sebesar 50%. Sedangkan untuk kandungan asam amoninya sekitar 78 sampai 79 gram setiap liter. Bukan hanya itu saja, cacing tanah juga memiliki kandungan zat besi, vitamin, dan kalsium dengan konsentrasi yang sangat tinggi.

Beberapa Manfaat Cacing Tanah

Dengan banyaknya kandungan-kandungan yang penting bagi tubuh, maka tak heran jika cacing tanah ini sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti:

  1. Mengobati Tifus

Cacing tanah sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati tifus sudah sejak zaman China kuno. Ekstrak cacing tanah yang sekarang ini sudah tersedia dalam bentuk kapsul ternyata mampu untuk mengobati penyakit tifus yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Hal ini karena adanya antibakteri yang terkandung dalam cacing tanah yang mampu melawan perkembangan bakteri tersebut.

  1. Mengobati Diare

Bakteri Escheria coli atau E.coli merupakan bakteri berbahaya yang biasa menyerang sistem pencernaan dan bisa menyebabkan diare. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan ekstrak tanah yang bersifat antibakteri, maka diareĀ  dapat diatasi dengan cepat.

  1. Menyembuhkan Luka

Eksra cacing tanah memiliki kandungan asam arakidonat yang dapat merangsang kulit untuk memproduksi sel-sel yang baru sehingga sudah pasti akan membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *