Bisnis Sampingan yang Bisa Langsung Dimulai Hari Ini

Untuk menghemat uang bulanan, pada dasarnya ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah memangkas pengeluaran untuk kebutuhan tertentu. Kedua, menjalankan bisnis sampingan untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Melakukan keduanya bahkan bisa berdampak sangat baik bagi kondisi keuangan jangka panjang. Namun kali ini kami akan membahas poin yang kedua, yaitu menjalankan bisnis.

Ide Bisnis Sampingan dari Rumah

Sekarang Anda mungkin mulai bertanya-tanya, bisnis sampingan seperti apa yang harus dimulai? Ada ribuan opsi di luar sana, tetapi beberapa ide di bawah ini bisa langsung dimulai hari ini juga.

1. Bimbingan Belajar

Bimbingan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan ini juga bisa menjadi pekerjaan yang sangat memuaskan. Banyak siswa yang membutuhkan bimbingan untuk pelajaran matematika, fisika, bahasa asing, musik, dan pelajaran lainnya. Jika Anda terampil dalam bidang tertentu, mengapa tidak mencoba bisnis ini?

Jangan khawatir akan kalah bersaing dengan aplikasi tutor online yang saat ini sedang populer. Buktinya masih ada banyak orang tua yang memercayakan anaknya pada tutor panggilan. Bisa juga Anda membuka kelas khusus di rumah untuk beberapa anak sekaligus.

isorepublic.com

2. Menjadi Driver Ojek Online

Tren ojek online benar-benar tak dapat dikecilkan sebagai salah satu pekerjaan. Menjadi pengemudi Gojek atau Grab (setidaknya itu yang terpopuler di Indonesia), adalah bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Mitra pengemudi hanya diharuskan memiliki SIM dan kendaraan.

Pendapatan pengemudi ojek online bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. Tetapi, yang terpenting adalah Anda bisa melakukannya kapan saja ketika ada waktu luang. Saat sedang tidak ingin ‘narik’ maka aplikasi bisa dimatikan (offline).

3. Menyewakan Mobil Anda

Punya lebih dari satu mobil di rumah? Cobalah untuk memulai bisnis penyewaan atau rental mobil. Setidaknya dalam sehari Anda bisa mendapatkan hingga Rp1 jutaan untuk mobil yang disewa. Tarifnya pun bisa disesuaikan dengan jenis mobil dan jarak tempuh perjalanan.

Pendapatan per bulannya cukup lumayan untuk biaya perawatan mobil dan/atau membayar karyawan. Bahkan ini bisa menjadi sumber pendapatan pasif jika Anda mampu mempekerjakan seseorang untuk mengelolanya. Jadi Anda tinggal memantau jadwal penyewaan serta pembukuan saja.

isorepublic.com

4. Menjual Kreativitas

Di era digital ini, hasil kreativitas seseorang bisa dijual secara lebih mudah melalui internet. Misalnya Anda punya kemampuan membuat desain kaos, maka cobalah menjual desainnya di berbagai media online yang menerimanya. Beberapa media online bahkan memposisikan diri sebagai marketplace untuk produk desain kreativ.

Atau mungkin Anda punya keterampilan lain seperti hand lettering, yang belakangan sangat populer. Seni menulis tangan ini bisa diterapkan ke berbagai media, baik cetak maupun digital, seperti kaos, pajangan dinding, logo bisnis, dan sebagainya.

5. Penulis Lepas

Banyak orang yang awalnya menjadikan penulis lepas sebagai bisnis sampingan dari rumah, lalu menjadikannya sebagai pekerjaan penuh waktu. Di antara sekian banyak alasan, salah satunya adalah Anda berkesempatan meraup nominal uang yang cukup besar sebagai penulis lepas.

Cakupan pekerjaan ini tidak hanya dalam pembuatan konten artikel, melainkan juga copywriting untuk kebutuhan komersial. Sebagai contoh adalah selebtweet Zarry Hendrik yang sukses menjual jasa pembuatan caption untuk Instagram.

Coba cari peluang mendapatkan job dari situs-situs freelancer untuk mengadu peruntungan Anda. Meskipun awalnya honor hanya sedikit, jika sudah berpengalaman Anda bisa mencoba melamar ke perusahaan konten yang bisa membayar penulisnya lebih mahal. Pelajari lebih lanjut tentang faktor-faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika menjadi seorang penulis lepas.

isorepublic.com

Upgrade Pengetahuan Bisnis Anda

Memulai usaha sampingan bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan pasif. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, bisnis ini bisa berubah menjadi bisnis penuh waktu Anda. Selain itu, jika bisnis ini adalah suatu hal yang Anda minati, ini tentu akan sangat menyenangkan.

Apakah beberapa ide bisnis sampingan tadi membuat Anda tertarik? Tentunya masih ada ribuan ide-ide lain yang bisa dikembangkan. Kuncinya adalah segera mencoba dan tekun dalam menjalankannya. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta ide bisnis dengan menjadi pelanggan website dengan konten bisnis berbobot. Salah satunya adalah Nyampling. Sudah siap berbisnis?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *