Cara Bermain Gitar Untuk Pemula Agar Mahir

Ketika membahas mengenai musik, maka gitar menjadi salah satu instrumen yang paling mudah di ingat. Bisa di bilang gitar menjadi yang berada di layer depan dari sebuah aransement musik. Gitar merupakan alat musik yang dimainkan dengan dua metode, yaitu di genjreng dan juga di petik setiap senarnya. Namun, untuk menghasilkan nada-nada indah, senar tersebut tidak bisa sembarang di petik atau di genjreng.

Kamu harus mengetahui mengenai kunci-kunci atau kord dari gitar tersebut. Selain mengetahui kord, kamu juga harus tahu teknik permainan dari gitar tersebut. Semisal teknik genjreng atau teknik petik dan semacamnya. Kami akan menjelaskan secara rinci mengenai cara memainkan gitar akan kamu semakin paham. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

1. Kunci Dasar Gitar

Hal pertama yang wajib kamu pelajari adalah tentang bentukan kunci atau kord gitar. Kunci dasar dari sebuah gitar itu dari Kunci A sampai dengan kunci G. Diantara kunci A sampai G tersebut terdapat nada minor dan mayor. Kita ambil contoh dari senar nomer 6 atau yang berada di bagian paling atas dari sebuah gitar.

Senar 6 ketika di bunyikan tanpa menekan fred akan menghasilkan nada kunci E. Kemudian ketika kamu tekan pada fred 1, akan menghasilkan nada kunci F. Maju satu fred yaitu di fred 2 akan menghasilkan suara kunci F#. Dan jika kamu teruskan maka kunci gitar tersebut akan berurutan. Namun ada hal yang musti kamu garis bawahi. Khusus untuk kord B dan E tidak ada nada kres(#). Jadi urutannya adalah A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G# dan balik lagi ke A.

pexels.com

2. Posisi Bermain Gitar

Sebenarnya sebelum kamu mengetahui kunci-kunci dasar gitar, kamu harus mampu menyesuaikan posisi dari gitar tersebut agar nyaman ketika kamu mainkan. Ada beberapa cara memegang gitar. Yang pertama adalah kamu duduk dan gitar tersebut kamu letakan pada posisi di depan perut mu. Tangan kanan kamu gunakan untuk memetik dan menggenjreng, sedangkan tangan kiri kamu gunakan untuk menekan kord.

Posisi berikutnya adalah dengan cara kamu berdiri. Gitar tersebut kamu kalungkan di lengan dengan tali atau slempangan gitar yang umumnya terbuat dari bahan kain. Posisi tangan tetap sama yaitu tangan kiri kamu gunakan untuk menekan kord atau kunci gitar dan tangan kanan untuk menggenjreng dan memetik gitar tersebut. Hanya saja bermain gitar dengan cara berdiri bisa dibilang lebih sulit dibanding dengan cara duduk. Terlebih bagi seorang pemula. Pastilah akan sangat kesulitan memainkan gitar dengan cara berdiri.

Jadi, untuk posisi bermain gitar ini kamu sesuaikan saja dengan kenyamanan dan kemampuan kamu. Jika dirasa kamu mampu bermain gitar dengan berdiri, silahkan saja. Jika berdiri tidak mampu karena kamu masih pemula, tentu duduk menjadi posisi yang paling tepat untuk kamu pilih. Dan jika kamu sudah benar-benar profesional, kamu bisa bermain gitar dengan cara berbaring. Bahkan sambil merem juga bakalan bisa kamu lakukan. Jika sudah pro player guitar in the stage.

pexels.com

3. Menggenjreng gitar

Berikutnya adalah tentang bagaimana cara memainkan gitar. Ada dua metode, pertama dengan cara di genjreng. Kedua dengan cara di petik. Kita akan bahas cara yang pertama terlebih dahulu yaitu dengan cara di genjreng. Kamu bisa menggunakan jempol saja. Caranya adalah empat jari selain jempol kamu genggam, dan jempol tersebut kamu genjrengkan ke senar gitar tersebut.

Selain dengan jempol, kamu bisa menggunakan kombinasi jempol dan jari telunjuk. Antara jempol dan jari telunjuk kamu rekatkan. Selain kedua jari tersebut bisa kamu renggangkan semua atau kamu genggam semua. Setelah itu kamu genjrengkan ke senar gitar tersebut.

Teknik memainkan gitar dengan genjrengan ini ada dua tipe untuk skala pemula. Pertama adalah teknik up. Teknik up ini adalah kamu memainkan gitar dengan menggenjreng gitar dari posisi senar paling bawah menuju ke senar paling atas. Yang kedua adalah teknik down. Teknik down ini kamu memainkan gitar dengan cara menggenjreng senar gitar dari yang paling senar menuju senar yang paling bawah. Agar tidak monoton kamu bisa kombinasikan kedua teknik tersebut.

pexels.com

4. Memetik Gitar

Berikutnya adalah memainkan gitar dengan cara di petik. Cara memainkan gitar dengan di petik tentu saja tidak semudah gonjrang ganjreng. Cara ini lebih komleks karena mengharuskan kamu untuk mensinkronkan antara jari-jari di tangan kanan dan juga dengan tangan kiri. Tangan kiri kamu harus bisa cepat berpindah-pindah kord gitar sesuai dengan lagu yang kamu mainkan.

Sementara itu,  tangan kanan kamu gunakan untuk memetik senar gitar tersebut. Adapun untuk setiap jari di tangan kanan memiliki job desk tersendiri. Hanya jari kelingking yang bisa dibilang lepas dari kerja ketika memainkan gitar. Jempol kamu gunakan untuk memetik senar bas, yaitu senar 6, 5, dan 4. Sementara itu, jari telunjuk memainkan senar 3, jari tengah memainkan senar 2 dan jari manis memainkan senar nomer 1.

Nah itulah ulasan lengkap tentang cara bermain gitar. Sekian dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *