Cara Membuat Selai Srikaya Anti Gagal

Menikmati roti bersama selai merupakan salah satu cara terbaik untuk memulai pagi yang indah. Gurihnya roti yang bercampur dengan lembutnya tekstur selai tentu akan membuat sensasi menyenangkan saat dikunyah. Selai srikaya merupakan opsi yang bagus untuk menemani roti di pagi harimu guna menambah varian rasa.

Saat mendengar kata selai srikaya,kemungkinan besar yang muncul dalam pikiran adalah selai lezat seperti rasa buah srikaya. Namun hal tersebut merupakan sebuah kesalahan karena pada dasarnya selai ini tidak terbuat dari srikaya melainkan perasaan sari buah kelapa yang dicampur dengan bahan lainnya.

Walaupun penamaan yang tidak sesuai dengan realita di lapangan, selai srikaya masih menduduki peringkat atas di hati orang Indonesia mengingat banyak sekali selai srikaya yang dijual di pasaran.

Untuk menikmati selai ini, opsi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membelinya langsung ke toko terdekat. Tetapi jika kamu terlalu malas untuk melangkah jauh-jauh dan menyimpan bahan-bahan yang dibutuhkan, maka opsi kedua pun muncul yakni membuatnya sendiri di rumah. Selain menghemat uang, kamu juga dapat menghemat bensin.

Lantas apa saja bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan di bawah ini!

Bahan-bahan yang diperlukan:

4 butir kuning telur

200 ml santan kelapa

3 sdm perasan air pandan

50 gr gula pasir

50 gr gula merah

Langkah-langkah Membuat Selai Srikaya:

  1. Kocok kuning telur hingga tercampur rata.
  2. Siapkan wajan. Masukkan santan, perasan air pandan, dan gula ke dalam wajan. Masak bahan-bahan tersebut hingga mendidih.
  3. Saat sudah mendidih, masukkan sebagian dari campuran santan ke dalam kocokan kuning telur. Aduk hingga rata.
  4. Kemudian masukkan kembali kocokan telur dan santan kedalam panci yang berisi sisa santan. Aduk terus hingga mengental dengan menggunakan api kecil.
  5. Saat selai sudah mengental, matikan api dan dinginkan selai.
  6. Ketika selai telah mendingin, masukkan ke dalam wadah kosong dan simpan dalam lemari pendingin agar selai lebih awet dan tahan lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *