Cara Mengatasi Kutu Beras Dengan Mudah

Beras merupakan bahan makanan utama pokok bagi sebagian besar warga Indonesia, beras nantinya di masak di jadikan nasi untuk kemudian di jadikan makanan utama sumber karbohidrat yang di hidangkan dengan berbagai lauk untuk di makan. Untuk itu agar nasi tetap terjaga kualitasnya maka lebih baik gunakan beras dengan kualitas terbaik, selain menggunakan beras dengan kualitas terbaik anda juga perlu memperhatikan tempat penyimpanan beras. Hal ini di karenakan jika anda tidak menyimpan beras dengan baik maka beras anda bisa menjadi sarang untuk kutu beras atau kumbang beras yang mana bisa merubah rasa serta aroma dari beras tersebut.

Cara mengatasi kutu beras

Agar beras yang anda simpan tetap awet dan tahan lama serta terhindar dari kutu beras maka anda harus memperhatikan berbagai hal yang perlu anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Membeli beras secukupnya saja.

Misalnya saja dalam satu bulan anda hanya membutuhkan beras 10 kilo gram maka lebih baik membeli beras sesuai kebutuhan saja karena jika anda membeli terlalu banyak beras, kemudian anda menyimpannya di rumah maka di khawatirkan beras yang di simpan tersebut akan di serang oleh kutu beras yang berkembang biak semakin banyak.

Simpan beras pada suhu ruangan maksimal 13 derajat celcius

Selanjutnya simpan beras anda pada suhu maksimal 13 derajat celcius, karena kutu buku sangat menyukai tempat yang lembab maka hindari menyimpan beras pada suhu 27 derajat hingga 30 derajat Celsius karena akan semakin membuat kutu beras berkembang biak dengan mudah.Gunakan wadah beras yang bersih dan sesuai

Anda juga perlu menggunakan wadah beras yang bersih dan sesuai agar beras yang anda simpan terhindar dari kutu beras yang mengganggu. Jangan menggunakan ember atau kantong beras untuk menyimpannya. Sekarang ini sudah banyak tempat penyimpanan beras modern dengan teknologi tinggi yang bisa di gunakan untuk menyimpan beras agar terhindar dari kutu beras maupun berbagai jamur lainnya serta menjaga nutrisi dan keawetan dari beras tersebut.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *