Cara Ternak Kelinci dengan Mudah untuk Pemula

Kelinci merupakan salah satu hewan ternak yang amat menjanjikan. Tidak hanya dimanfaatkan dagingnya, kelinci juga banyak di budidaya karena dijadikan binatang peliharaan layaknya kucing. Sekali melahirkan, kelinci betina mampu melahirkan hingga 12 anak. Sehingga, beternak kelinci dapat digunakan sebagai bisnis yang menjanjikan. Selain itu, tidak perlu tempat yang luas layaknya beternak sapi.

Cara Ternak Kelinci

  1. Persiapan Kandang

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai beternak kelinci adalah mempersiapkan kandang kelinci. Kandang merupakan hal penting bagi kelangsungan hidup kelinci. Sebaiknya letakkan kandang ditempat yang teduh atau membuat bangunan yang teduh. Hal ini karena kelinci ternak umumnya tidak tahan terhadap perubahan suhu udara. Sehingga pastikan kandang nyaman untuk kelinci.

  1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit juga hal penting yang perlu diperhatikan. Karena pemilihan bibit dapat mempengaruhi kualitas kelinci dewasa. Saat memilih bibit pastikan anakan kelinci dalam keadaan sehat, lubang hidung kering dan kepala besar. Pastikan kelinci memiliki gerakan yang lincah. Untuk penampakan bulu, pilih bulu yang tidak kusam. Pilih kelinci yang memiliki putting antara 10-12 putting.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *