Tips Perawatan Celana Sarung untuk Anak agar Awet Dipakai

Desain pakaian anak sekarang ini tidak kalah dengan baju untuk orang dewasa. Apa yang sedang menjadi tren fashion di kalangan anak muda dan orang dewasa akan terjadi juga untuk baju anak-anak. Termasuk tren busana muslim anak yang tidak jauh berbeda dengan baju muslim dewasa. Yang sedang hits dan digemari saat ini dalam mode pakaian muslim adalah celana sarung.

Bukan hanya ukuran dewasa saja, celana sarung juga ada yang dibuat untuk anak-anak. Dengan begitu ketika ada acara penting keagamaan seperti hari raya, anak bisa tampil serasi dengan ayahnya. Anak dan ayah sama-sama mengenakan celana sarung yang modis dan kekinian untuk bisa tampil maksimal dan elegan. Mengambil warna dan motif yang sama, penampilan ayah dan anak akan terlihat keren.

Celana sarung adalah hasil modifikasi dan kreasi dalam desain pakaian muslim yang disesuaikan dengan kemajuan zaman saat ini. Sarung kini bisa tampil mewah dan elegan dengan dibuat menjadi celana. Nah, agar celana sarung bisa tetap bagus kondisinya dan terlihat seperti baru, ikuti cara perawatannya berikut ini.

Cara Merawat Celana Sarung agar Awet

pixabay.com

Celana Sarung dari Katun

Mencuci sarung yang terbuat dari bahan kain katun harus disesuaikan dengan karakternya. Kalau salah dalam pencucian justru bisa memperpendek umur celana sarung dari katun tersebut. Lebih disarankan mencuci pakaian yang dibuat dari kain katun dengan cara manual atau menggunakan tangan saja. Katun memiliki serat alami yang bisa rusak karena diputar dalam mesin cuci.

Tetapi kalau Anda malas untuk mencucinya dengan tangan dan ingin menggunakan mesin ikuti triknya. Pisahkan pakaian katun yang bobotnya lebih ringan dan cuci lebih dulu. Jangan lupa untuk membalik celana sarung dan baju katun lainnya sebelum masuk ke dalam mesin cuci. Posisi baju saat dicuci adalah bagian dalam di luar dan sebaliknya. Tujuannya agar warna pada kain atau baju tidak cepat pudar.

Celana Sarung dari Rayon

Selain kain katun bahan lain yang cukup banyak digunakan untuk membuat sarung adalah rayon. Jika anak memiliki celana sarung yang dibuat dari kain rayon, cara pencuciannya juga berbeda dengan bahan katun. Saat mencuci celana sarung dari rayon disarankan untuk memisahkannya dari baju lainnya sebagai antisipasi kalau luntur warnanya.

Setelah itu cucilah celana sarung rayon dengan menggunakan air dingin dengan posisi bagian dalam berada di luar. Kalau sudah yakin bersih keringkan terlebih dahulu celana sarung dengan mesin pengering. Kemudian jemurlah celana sarung dari rayon tersebut di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung atau tempat teduh.

Tunggu hingga celana sarung bahan rayon menjadi benar-benar kering baru angkat dari jemuran.

Celana Sarung dari Goyor

Beda bahan maka beda juga cara perawatannya. Celana sarung berbahan goyor yang lebih halus dari jenis kain lainnya juga membutuhkan cara pencucian yang beda. Hindari pencucian celana sarung goyor dengan mesin, gunakan shampo jangan sabun deterjen. Serat kain goyor yang lembut akan rusak jika terkena deterjen yang sifat kimianya keras.

Setelah pencucian selesai dan celana sarung dari goyor sudah bersih kemudian carilah tempat yang teduh untuk menjemurnya. Hindari tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Tunggu hingga celana sarung kering.

Cara merawat celana sarung dan semua item pakaian yang Anda beli dari aktivitas belanja fashion bukan hanya tentang cara mencucinya. Perawatan termasuk juga bagaimana cara menyimpannya, seperti di bawah ini.

Menyimpan Celana Sarung

pexels.com

Bahan Katun

Setelah kering celana sarung berbahan katun bisa segera disetrika tetapi harus dengan cara yang tepat. Menggosok kain katun jangan dengan temperatur yang panas, cukup hangat saja. Setel setrika pada suhu hangat, lalu gosok celana sarung dengan rapi. Kemudian simpan di dalam lemari yang kering dan tidak lembab. Sebaiknya hindarkan lemari dari paparan sinar matahari langsung.

Bahan Rayon

Merawat celana sarung berbahan rayon salah satunya dengan menyimpannya secara benar dan tepat. Sebelum disimpan dalam lemari jangan lupa untuk menyetrika celana sarung anak dari bahan rayon tersebut. Menggosok kain rayon cukup gunakan temperatur hangat dan setrika pada bagian dalamnya saja. Setelah itu simpan dengan digantung dalam lemari dengan suhu relatif dingin dan kering.

Bahan Sarung Goyor

Trik untuk menyimpan celana sarung dan baju lainnya yang dibuat dari goyor juga berbeda dengan jenis kain lainnya. Setrika dulu celana sarung sutera dengan menggunakan temperatur sedang agar tidak merusak serat dan warna pada kain. Setelah itu simpanlah di dalam lemari yang kering.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *