Content Creator Di Facebook Vs Content Creator Di Youtube, Lebih Menguntungkan Mana?

Mana yang lebih menguntungkan menjadi content creator di Facebook vs content creator di YouTube? Namun yang pasti jawabannya adalah dengan menjadi content creator baik di Facebook maupun YouTube keduanya bisa mendatangkan banyak uang.

Berbicara mengenai video di Facebook maupun YouTube, sebenarnya keduanya banyak memiliki persamaan. Bahkan terkait dengan format video yang diunggah pun keduanya memungkinkan untuk diunggah video dalam format HD. Artinya secara kualitas video baik Facebook maupun YouTube sudah sama-sama bagus.

Kemudian berkaitan dengan cara mendownloadnya, cara download video di facebook dengan di YouTube bisa didownload atau diunduh dengan cara yang sama. Artinya dari keduanya sebenarnya banyak sekali kesamaannya.

Content Creator Di Facebook

Saat ini di Facebook Anda dimungkinkan untuk mendapatkan penghasilan dengan cara menjadi content creator. Dalam hal ini tugas Anda hanya membuat video dan mengupload video tadi ke akun Facebook Anda.

Untuk mendapatkan penghasilan dari hasil upload video di Facebook, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat Facebook page khusus yang memungkinkan jangakauan penonton lebih luas.

Sebab dengan Facebook page, tidak ada batasan seberapa banyak follower atau yang like page Anda. Sangat berbeda dengan Facebook personal atau akun pribadi yang ada pembatasan terkait dengan jumlah teman.

Nah, setelah Anda memiliki sebuah page, barulah Anda membuat video-video yang menarik untuk diupload. Agar menjadi content creator di Facebook yang sukses, beberapa tips dibawah ini layak untuk Anda praktekkan:

  1. Buat Planning Tentang Jenis Videonya

Apakah Anda ingin membuat video jenis komedi, resep dan cara memasak, live streaming kuliner, live streaming game, live streaming ceramah keagamaan, hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

  1. Rutin Membuat Video

Ingat, rutin bukan berarti setiap hari. Melainkan biasakan mengupload atau live streaming pada waktu-waktu tertentu sehinga terjadwal dengan rapi. Selan itu para penonton setia Anda bisa tahu kapan waktu mereka harus menikmati video hasil kreasi Anda.

  1. Terus Belajar

Anda harus ingat juga jika ada banyak orang di luaran sana yang juga melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan. Maka dari itu Anda harus tetap belajar agar video yang dibuat semakin disukai oleh penonton.

Setelah tahu seperti apa cara memulai menjadi seorang content creator Facebook, kini tibalah saatnya mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari video yang sudah Anda upload tadi. Dan beberapa persyaratan agar page Anda layak untuk di-monotize adalah:

  1. Mengikuti Community Standars
  2. Tidak melanggar Page Terms
  3. Mengikuti Payment Terms
  4. Tidak melanggar Content Guidelines for Monetization
  5. Harus rajin upload video. Terlebih 90 hari pertama sebelum page berhak di-monetize
  6. Konten harus original dan bukan berita bohong atau hoax.

Content Creator Di Youtube

akun gmail dan carilah nama yang bagus untuk Channel YouTube Anda.

Setelah Anda menemukan nama yang kira-kira cocok untuk Channel YouTube Anda, lanjutkan untuk membuat halaman YouTube dari foto thumbnail hingga sampul YouTube semenarik mungkin.

Nah, setelah semua proses pembuatan Channel TouTube selesai dilakukan, barulah daftarkan akun gmail Anda ke Google Adsense. Dan setelah semua langkah menjadi seorang content creator YouTube Anda lakukan, barulah membuat Content Video untuk Channel YouTube Anda.

Usahakan untuk membuat content yang sesuai dengan tema yang Anda upload setiap harinya. Artinya jangan sampai berpindah atau bercampur. Usahakan cukup satu content dan teruslah untuk fokus.

Untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube, Anda harus mendapatkan 1000 Subscriber dan 4000 jam/240.000 menit untuk tayang Channel YouTube Anda. Selain itu Anda harus menunggu sampai dimonetisasi atau di-approve oleh pihak YouTube.

Content yang berkualitas tidak sekedar karya yang original. Bukan pula content dengan durasi yang panjang. Apalagi para penonton video baik di Facebook maupun YouTube memiliki standar sendiri dalam memilih video mana yang mereka senangi.

Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwa dari banyaknya jumlah penonton pada sebuah video di Facebook maupun YouTube, inilah yang bisa menentukan nilai dari sebuah content.

Dan untuk saat ini, menjadi content creator baik di Facebook maupun di Youtube sama-sama harus lebih kreative lagi. Pasalnya persaingan antara content creator di Facebook vs content creator di YouTube sudah semakin kompetitif lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *