Fakta Menarik Tentang Sungai Citarum

Untuk orang yang tinggal diJawa khususnya Jawa Barat pasti sangat familiar dengan sungai ini bukan? Bagaimana tidak, Sungai Citarum sudah dianggap sebagai sungai terpanjang seJawa Barat dengan memiliki panjang sekitar 300 km.

Bukan karena trend dengan image sungai terpanjang seJawa Barat saja, Sungai Citarum juga dianggap negatif dan memang sudah dipredikatkan sekitar tahun 2010 atau 2013 menjadi sungai paling kotor dan tercemar sedunia loh.

Miris sekali ya? Bahkan pada tahun lalu Menko kemaritiman masih mempredikatkan Sungai Citarum menjadi sungai yang tidak bersih dan masih banyak pencemaran yang terjadi diSungai Citarum tersebut.

Fakta Menarik Tentang Sungai Citarum

Sejarah

Namun terlepas dengan image negatifnya, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa air Sungai Citarum berasal dari surga. Surga? Yang benar saja? Hehe engga bercanda, menggunakan kata surga karena air yang ada diSungai Citarum berasal dari aliran salah satu sisi Situ Cisanti. Jika kamu penasaran, kamu bisa mendatanginya kok, bertempat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Kertasari.

Jika menelusuri tentang sejarah Sungai Citarum, pasti yang ingin kamu tanyakan adalah asal muasal dari arti kata Citarum bukan? Nah, arti kata Citarum sendiri adalah Ci yang berarti dari kata sundanya adalah air dan Tarum yang berarti sebuah tumbuhan yang bisa menghasilkan warna nila. Disini paham bukan? Konon dahulu sebelum terjadi banyak pencemaran sana-sini, Sungai Citarum dikelilingi dengan tumbuhan tarum yang bisa menghasilkan warna nila tersebut.

Dahulu, Sungai Ctarum juga diampit oleh dua Kerajaan yang sangat terkenal ditelinga masyarakat Nusantara, yaitu Kerajaan Sunda dan juga Kerajaan Galuh yang kemudian diganti dengan nama menjadi Kerajaan Tarumanegara pada tahun 670 Masehi.

Namun sayangnya semenjak runtuhnya Kerajaan Tarumanegara tersebut, penyampit dari Kerajaan Taruma yakni Kerajaan Sunda dan juga Kerajaan Galuh menjadi terpecah belah lalu kemudian tumbuh menjadi Kerajaan yang kokoh bernama Kerajaan Sunda.

Cerita yang berkembang tentang tokoh-tokoh legendaris juga pernah berkaitan dengan Sungai Citarum loh, contohnya Prabu Siliwangi yang pernah menapakan kakinya disekitaran Sungai Citarum.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *