Film Parasite (2019) Salah Satu Film Korea yang Booming

Dilansir pada Hantubaca.com bahwa banyak sekali film-film drama korea yang ditayangkan di seluruh penjuru dunia. Mulai dari drama romantis, komedi, hingga drama penuh misteri seperti film Parasite (2019).

Parasite merupakan jenis film komedi hitam asal Korea Selatan yang ditutradarai oleh Bong Joon-ho. Film yang diperankan oleh Song Kang-ho, Lee Sun-yun, Cho Yeo-jeong dan lainnya ini menceritakan tentang persaingan kelas dan strata yang menjadi kesenjangan sosial. Film ini dianggap sebagai cerminan kapitalisme pada zaman sekarang.

Kehadiran film Parasite ternyata mendapat antusias yang sangat tinggi di negara tersebut. Tidak tanggung-tanggung, 10 juta orang tercatat menonton film ini sehingga mengalahkan jumlah penonton filmbox office, Aladdin.

Film yang juga menceritakan bagaimana kehidupan di Korea Selatan ini dihadirkan dengan adegan-adegan seperti kehidupan sehari-hari. Keluarga Kim sebagai pemeran utamanya mempunyai tempat tinggal di apartemen semi bawah tenah dengan keadaan yang kumuh. Dengan pekerjaan yang tidak terlalu menguntungkan, namun keluarga ini tetap berharap bisa hidup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kehadiran film garapan Bong Joon-ho, Kwak Sin-ae, Jang Young-hwan ini memiliki informasi yang tidak kalah menarik dari film-film Korea Selatan lainnya.

Fakta Film Parasite (2019) yang menarik perhatian

Pixabay.com

Parasite merupakan film dengan durasi 2 jam 12 menit berisi tentang kehidupan keluarga di Korea Selatan yaitu keluarga Ki-taek. Memiliki tetangga dengan nasib yang berbeda yaitu keluarga Park. Tontonan ini menceritakan 4 orang dalam satu keluarga yang hidup dalam kesenjangan sosial dan merasakan susahnya hidup di sana.

Film dengan genre tragicomedi ini mengemas sebuah film dengan 2 unsur berbeda yaitu tragedi dan komedi. Sisi tragedi yang dihadirkan yaitu kenyataan bahwa keluarga Kim bekerja pada tetangganya yang merupakan keluarga dengan kehidupan yang mewah.

Film ini hadir dengan perasaan ambigu yang timbul dari kebanyakan penonton karena merasa bingung terhadap plot yang diceritakan. Hal tersebut yang sengaja dilakukan oleh sutradara agar penonton semakin penasaran dan tertarik dengan film drama misteri ini.

Produksi film ini ternyata didasarkan pada realita kehidupan beberapa orang di Korea Selatan. Tidak banyak yang tahu bahwa negara maju tersebut ternyata juga memiliki kesenjangan sosial di beberapa tempat. Hal ini yang menjadikan Parasite begitu banyak diminati karena menghadirkan sisi lain Korea Selatan dengan penuh tragedi sosial yang terjadi.

Sutradara dari film keluaran tahun 2019 ini ternyata bukan sutradara biasa. Bong Joon-ho pernah menggarap film yang terbilang sukses di pasar Korea Selatan yaitu film Snowpiercer, The Host dan Okja.

Parasite 2019 berhasil memenangkan penghargaan Oscar tahun 2020 yang digelar di Dolby Teater Amerika Serikat. Film ini mengalahkan Joker, Once Upon a Time in Hollywood, Jojo Rabbit, dan lainnya dalam kategori Best International Feature Film (Film Terbaik). Film ini juga berhasil menjarai kategori Best Picture, Best Director, dan Best Original Screenplay pada ajang yang sama.

Cerita yang dihadirkan dalam Parasite 2019 ternyata mengandung banyak makna tersembunyi yang membuat banyak penonton saling bertanya. Hal tersebut sengaja dilakukan oleh sutradara dalam menyampaikan pesan moral sesuai keadaan sosial yang terjadi masa kini.

Adanya Kritik Sosial yang Disesuaikan dengan Kehidupan Nyata

Pixabay.com

Korea Selatan sebagai negara yang maju ternyata pernah mengalami keterpurukan sosial yang luar biasa. Bahkan hingga zaman milenial ini masih terdapat beberapa golongan yang merasakan susahnya hidup di negara sendiri. Film ini menyampaikan kritik sosial keadaaan di Negara Gingseng ini maupun negara-negara lain yang mengalaminya.

Ketimpangan sosial yang terjadi bukan lagi menjadi hal yang jarang ditemui. Bisa saja dalam suatu negara terdapat satu keluarga yang hidup dengan kemiskinan, sedangkan keluarga lain hidup dengan penuh kemewahan dan saling berdampingan atau bertetangga. Perbedaan tersebut bisa jelas terlihat dari keadaan rumah tinggal, pekerjaan masing-masing anggota keluarga, dan gaya hidup sehari-hari.

Korea Selatan memiliki tingkat pengangguran yang tinggi kemudian dijadikan latar belakang dalam film ini. Tercatat bahwa Korea Selatan memiliki pengangguran sebanyak lebih dari 1 juta orang yang tersebar di berbagai wilayah negara ini.

Film ini juga berani menyinggung konfilk negara dengan Korea Utara. Banyak cerita yang dihadirkan hingga munculnya kata-kata singgungan terhadap Korea Utara yang membangun proyek nuklir tersebut.

Beberapa negara di dunia pasti memiliki atlet berprestasi pada zamannya. Tidak jarang atlet yang terlupakan oleh negaranya sendiri karena tergantikan oleh atlet-atlet yang jauh lebih muda. Padahal mantan atlet tersebut pernah mengharumkan nama bangsa yang dibawa. Dalam film ini, Chung-sook yaitu istri Mr.Kim merupakan mantan atlet Korea Selatan yang berhasil meraih medali perak namun tinggal di tempat yang buruk dan kecil. Hal ini menjadi cerminan Korea Selatan yang sulit menghargai prestasi warganya padahal sudah menjunjung nama baik negara.

Dengan meraih berbagai penghargaan di ajang bergengsi tentunya membuat film ini menjadi perbincangan hangat di dunia maya dan menjadi salah satu film dengan genre terbaru dan lain dari biasanya di Korea Selatan dan dunia. Film Parasite 2019 dinilai sukses menyampaikan sisi lain tentang negara maju ini. Tidak ada maskud membuat citra negara turun, namun lebih keoada evaluasi dari pemerintah dalam menghilangkan dan mencegah terjadinya ketimpangan sosial di masyarakat luas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *