Jangan Membersihkan Telinga dengan Alat Pembersih Telinga Secara Sembarangan

Kotoran ditelinga yang menumpuk akan membuat kita merasa gatal dan tidak bisa mendengar dengan baik. Hal ini terjadi karena kelenjar minyak yang diproduksi secara alami oleh telinga menumpuk dan sudah saatnya dibersihkan.

Akan tetapi seringkali kita salah dalam melakukan pembersihan telinga. Mengorek dengan cotton bud misalnya, hal tersebut akan membuat kotoran semakin sulit dibersihkan karena semakin terdorong dan membuatnya lebih sulit dibersihkan.

Apabila orang tua anda melarang untuk tidak mengorek telinga memang hal tersebut sangatlah benar karena akan terjadi efek samping mengorek telinga baik menggunakan cotton bud maupun alat pembersih lainnya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa membersihkan kotoran dengan alat pembersih telinga bisa membuat kita lebih lega karena hasilnya akan maksimal. Kita juga bisa melihat kotoran tersebut secara langsung dan menimbulkan rasa puas karena dapat menyaksikan secara langsung kotoran yang sudah menyumbat telinga kita.

Jangan Pernah Mengorek Telinga

Sebenarnya mengorek telinga untuk mengeluarkan semua kotoran yang ada di dalamnya sangat tidak disarankan karena akan menimbulkan beberapa hal berikut ini.

  • Kotoran justru masuk semakin dalam
  • Telinga terasa semakin gatal
  • Menimbulkan infeksi pada saluran otitis eksterna
  • Gendang telinga sobek
  • Telinga berdenging
  • Nyeri yang semakin parah
  • Gangguan pendengaran

Tentu anda tidak ingin hal tersebut diatas terjadi bukan. Maka dari itu jangan pernah menggunakan alat pembersih telinga yang tidak dianjurkan oleh dokter. Meskipun sudah dibersihkan dan alat tersebut streril namun tetap tidak dianjurkan untuk dilakukan karena kita tidak bisa melihat kondisi dalam telinga. Paling ditakutkan apabila alat pembersih telinga tersebut mengenai selaput gendang telinga dan justru merobeknya. Akibatnya sangat fatal.

Lakukan pembersihan dengan cairan yang sudah disediakan di apotik. Memang memerlukan waktu yang tidak sebentar, namun itu jauh lebih aman dari pada mengambil resiko akibat alat pembersih telinga yang bisa merusak gendang telinga. Dengan membersihkan telinga menggunakan cairan ini justru akan membuat telinga terasa lebih nyaman dan sehat, serta tidak ada resiko yang bisa merugikan anda sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *