Jenis-Jenis Karpet Terbaik Untuk Dibeli

Karpet adalah sebuah peralatan rumahan yang digunakan sebagai alas untuk duduk dan bersantai ketika sedang berkumpul bersama keluarga di ruang tamu atau ruang keluarga. Karpet memiliki berbagai macam jenis dan merk yang beredar di pasaran. Semua merk dan jenis dari karpet memiliki kualitas tersendiri yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kesukaan kamu.

Namun, meskipun karpet tersebut berkualitas kamu tetap harus membersihkan karpet tersebut agar tidak menjadi tempat untuk jamur-jamur bersarang. Jamur dalam karpet harus kamu hilangkan dengan berbagai cara menghilangkan jamur atau how to get mold out of carpet. Pada artikel ini kami akan menjelaskan beberapa jenis dari karpet. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

Jenis-Jenis Karpet

Kami akan menjelaskan jenis-jenis karpet berdasarkan beberapa hal seperti motif, bahan atau material, bentuk dan juga kontruksinya.

Jenis Karpet Berdasarkan Motif

1. Karpet Modern

Jenis karpet berdasarkan motif yang pertama adalah karpet modern. Jenis karpet modern ini memiliki kesan yang elegan dengan motif dan corak khas modern. Warna-warna yang digunakan oleh karpet modern juga terbilang lebih cerah dan energik. Ada berbagai macam desain yang digunakan dalam karpet modern seperti dua dimensi dan juga tiga dimensi. Dengan menggunakan karpet modern maka ruangan tersebut akan memberi kesan keindahan dan suasana yang seimbang serta selaras.

unsplash.com

2. Karpet Klasik

Jenis karpet berikutnya berdasarkan motif adalah karpet klasik. Karpet klasik ini memiliki banyak sekali motif berupa ukiran-ukiran serta bunga-bunga atau corak-corak yang penuh seni dan indah. Unsur klasik terasa kental pada karpet ini dengan berbagai macam warna yang lebih deep dan elegan.

Jenis Karpet Berdasarkan Material

1. Karpet Akrilik

Jenis karpet pertama yang berdasarkan material atau bahan adalah karpet dari akrilik. Bahan akrilik ini memiliki tekstur yang lembut serta halus. Akrilik merupakan bahan yang sintesis sehingga tidak mudah lembab. Kelebihan dan keunggulan lain dari karpet yang menggunakan bahan dasar atau meterial akrilik adalah tidak mudah terkena jamur, perawatan karpet ini terbilang cukup mudah serta bisa awet dan tahan lama.

2. Karpet Wol

Hampir sama dengan bahan akrilik, karpet dengan bahan wol memiliki tekstur yang halus dan juga lembut. Yang menjadi perbedaan antara karpet berbahan wol dengan karpet bahan akrilik adalah karpet wol adalah alami dan karpet akrilik merupakan bahan sintesis. Dengan begitu karpet wol ini lebih ramah lingkungan dibanding dengan karpet akrilik. Karpet wol ini memiliki ketebalan yang maksimal serta warna yang digunakan tidak mudah luntur. Karpet berbahan dasar wol bisa tahan terhadap air, api dan juga noda-noda. Selain itu, karpet berbahan dasar wol bisa awet dan tahan selama kurun waktu lebih dari 30 tahun jika kamu merawat karpet wol tersebut dengan baik dan benar.

unsplash.com

3. Karpet sutra

Bahan dasar atau material sutra ini menjadi jenis karpet dengan harga yang paling mahal di jual di pasaran. Karena karpet yang menggunakan bahan dasar sutra memiliki kualitas tinggi dengan tekstur yang halus dan lembut serta corak warna dari karpet sutra lebih kuat dibanding karpet dari bahan dasar yang lain. Desain dari karpet sutra juga dibuat dengan sangat indah dan mewah sehingga akan menimbulkan kesan yang elegan ketika di tempatkan pada ruang tengah atau ruang keluarga.

4. Karpet Polipropeline

Karpet yang menggunakan material dari Polipropeline ini bisa tahan terhadap debu dan kotoran serta mudah di bersihkan atau di cuci ketika sudah kotor. Bahan dasar Polipropeline merupakan material plastik sintetis yang mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan air saja. Kelemahan dari karpet yang menggunakan bahan dasar Polipropeline ini adalah warna karpet mudah luntur serta benang-benang karpet mudah terlepas karena tidak di jahit dengan kuat dan kencang.

5. Karpet Nilon

Karpet yang menggunakan bahan dasar nilon memiliki keunggulan bisa tahan terhadap kotoran, debu, jamur serta lumut. Karpet ini di jual dengan harga yang murah di pasaran dan biasa digunakan pada gedung-gedung instansi atau perkantoran.

Jenis Karpet Berdasarkan Bentuk

1. Karpet Tile

Jenis Karpet Tile ini lebih menyerupai warna teras atau ubin di dalam ruangan sehingga bisa selaras dan harmoni. Desain yang digunakan oleh Karpet Tile ini sangat elegan dan indah.

2. Karpet Meteran

Karpet meteran merupakan jenis karpet yang bisa dipesan sesuai dengan ukuran sebuah ruangan. Contoh dari jenis Karpet Meteran adalah karpet masjid.

3. Karpet Permadani

Karpet Permadani memiliki berbagai macam corak dan motif yang berkesan dan elegan. Karpet jenis ini sangat cocok di letakan pada ruang tamu, kamar tidur atau ruang kumpul keluarga.

unsplash.com

Jenis Karpet Berdasarkan Konstruksi

1. Karpet Loop Pile

Jenis karpet ini dibuat dengan cara dianyam bulu-bulu karpet tersebut. Jenis karpet Loop Pile ini ada yang dianyam dengan menggunakan tangan atau juga dengan menggunakan mesin.

2. Karpet Cut Pile

Jenis karpet yang satu ini kebalikan dari loop pile karena karpet ini tidak dianyam melainkan di rambai dengan menggunakan mesin secara otomatis.

Nah itulah sekilas mengenai jenis-jenis karpet terbaik dan bisa dipertimbangkan untuk digunakan di rumah. Sekian dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *