Kabupaten Klaten

Klaten adalah sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 655,56 km dengan 26 kecamatan 391 desa dan 10 kelurahan, membuat Klaten memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak.

Wilayah Klaten berbatasan langsung dengan Gunungkidul Yogyakarta di sebelah selatan, Seleman dan Magelang disebelah barat, kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan kabupaten Boyolali di sebelah utara. Jika kalian berkunjung ke Klaten ada beberapa hal menarik yang tak boleh kalian lewatkan.

Hal menarik yang ada di Klaten

1. Memiliki dua candi besar

Klaten juga memiliki wisata yang cukup terkenal yaitu candi prambanan dan candi sewu. Jika kalian lebih mengenal candi prambanan berada di wilayah Yogyakarta, tentu saja kalian sudah keliru karena candi prambanan terletah pada dua kota yaitu Klaten dan Sleman.

Tentunya dengan hal ini pariwisata klaten juga mengalami peningkatan dengan seiring banyaknya wisatawan yang berkunjung ke prambanan. Tak hanya candi prambanan, Klaten juga memiliki candi sewu yang cukup terkenal, candi ini pun cukup megah dengan gaya hindu yang khas. Jadi jika kalian berkunjung ke klaten maka kalian harus mengunjungi kedua candi tersebut.

2. Memiliki tiga pusat kota

Salah satu hal yang menari dari Klaten adalah memiliki tiga pusat kota. Hal ini dikarenakan Klaten memiliki tiga kecamatan yang maju dalam berbagai bidang.

Tiga kecamatan ini adalah kecaman klaten utara, kecamatan klaten tengah dan kecamatan klaten selatan. Tak heran jika kalian melintasi wilayah tersebut nantinya akan sangat ramai seperti kalian melintasi kota-kota besar lainnya. Terdengar kabar sudah ada wacana untuk memekarkan 3 kecamatan tersebut menjadi kota sendiri.

Cukup sekian dahulu pembahasan saya mengenai kabupaten Klaten. Dengan beberapa hal menarik tersebut tentunya kabupaten Klaten sangat cocok untuk tempat berlibur kalian selanjutnya karena memiliki beberapa tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi, dari dua di atas tadi tentunya masih banyak hal menarik lainnya yang akan kalian temui jika kalian berkunjung ke Klaten.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *