Kelebihan Memelihara Kucing Kampung

Kelebihan dan kekurangan dalam segala hal merupakan fenomena yang wajar, sama halnya dalam pemeliharaan kucing kampung. Kucing kampung merupakan spesies kucing yang banyak dijumpai dan dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Dengan demikian, perlu diketahui tentang kelebihan yang diperoleh ketika Anda memelihara spesies kucing ini, berikut diantaranya:

  1. Mudah ditemukan

Anda bisa mengambil kucing ini yang hidup secara liar tanpa pemilik di tempat-tempat umum atau mengadopsi dari seseorang yang memeliharanya, karena jenis kucing ini tersebar di banyak daerah. Sehingga, mudah untuk didapatkan.

  1. Pemeliharaan yang mudah dan tidak ribet

Spesies kucing ini memiliki bulu yang relatif pendek dibandingkan jenis kucing long-hair lainnya. Sehingga, cukup menjaga kebersihan bulunya dan tidak seribet mengurus dan membersihkan bulu kucing berjenis long-hair.

  1. Lincah dan aktif

Kucing ini mempunyai kemampuan yang sangat lincah serta aktif dalam melakukan berbagai aktivitasnya. Sehingga, bisa diajak untuk bermain atau bahkan bisa dilatih agar memiliki keterampilan dan keahlian tertentu berdasarkan tingkat kelincahannya.

  1. Memiliki daya tahan tubuh yang baik

Akibat dari keaktifan dan kelincahannya, maka jenis kucing ini termasuk kedalam hewan yang kebal dan memiliki daya imun yang baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, tulang yang dimilikinya juga cukup kuat dan kokoh. Maka, tidak heran apabila banyak kucing kampung ini hobi dalam memanjat dan melakukan segala aktivitasnya secara gesit dan cepat.

  1. Pandai berburu

Berburu makanan merupakan salah satu kelebihan yang dimilki kucing kampung, karena mereka akan bergerak cepat dalam mengambil makanan yang diinginkan seperti  ikan asin dan sejenisnya. Hal ini juga didukung oleh kemampuannya dalam  memanjat dan berbagai kelincahan yang dimilikinya. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir ketika belum menyiapkan makanan untuknya, karena mereka mampu mencari makanannya sendiri. Akan tetapi, Anda juga harus menyimpan makanan yang sekiranya mereka sukai agar tidak diambil.

Itulah beberapa kelebihan ketika kita memelihara kucing kampung yang saat ini banyak ditemui dan dipelihara oleh masyarakat. Selain itu, kucing ini merupakan spesies asli yang banyak ditemui di Indonesia, meski saat ini sudah tersebar dan hidup di berbagai kawasan luar Indonesia.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *