Ketahui Kelebihan, fitur dan Aplikasi Keypad iPhone Terbaik

Keypad atau keyboard pada sebuah smartphone terutama iPhone tentunya berguna ketika kita hendak menulis, baik itu membalas chatting maupun data lainnya. Sehingga keyboard yang nyaman sangat menunjang kegiatan kita dalam menulis, baik itu tata letak, kelengkapan simbol – simbol, ukuran papan keyboard, bahkan tampilan papan keyboard sekalipun.

Keyboard tentunya merupakan sebuah fitur utama bagi smartphone, kalau saja tidak ada keyboard lantas bagaimana apabila kita hendak menulis. Keyboard sendiri ada beberapa jenis berdasarkan tata letak hurufnya, namun untuk smartphone saat ini baik iPhone maupun Android mayoritas menggunakan keyboard berjenis QWERTY.

Jenis – jenis keyboard

Keyboard QWERTY

Keyboard dengan tata letak ini paling umum kita jumpai dikebanyakan keyboard, sesuai dengan namanya keyboard ini memiliki urutan yang dimulai dari huruf Q. Keyboard QWERTY ini sendiri menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1878 bahkan hingga saat ini masih sering kita jumpai.

Keyboard DEVORAK

Pada keyboard jenis ini, tangan kanan kita dibebani lebih banyak pekerjaan ketimbang pada keyboard QWERTY. Karena susunan setiap hurufnya diletakan sedemian rupa sehingga pengetikan lebih ergonomik dan 70% ketukan jatuh pada home row. Namun untuk kebanyakan orang keyboard jenis ini kurang populer ketimbang jenis QWERTY.

Keyboard Alphabetik

Sesuai namanya, keyboard jenis ini disusun sesuai dengan urutan alphabet. Namun penggunaannya sangat jarang, lebih sering kita jumpai pada mainan anak – anak sebagai media pembelajaran tentang alphabet.

Keyboard Numerik

Untuk keyboard numerik sering kita jumpai pada kalkulator maupun. Selain itu penggunaan keyboard ini juga dapat kita temukan pada menu telepon baik itu smartphone android maupun iPhone.

Masih banyak lagi jenis – jenis keyboard yang dapat kita temukan, namun yang paling umum digunakan adalah keyboard berjenis QWERTY dan juga Numerik. Tentunya semua jenis keyboard memiliki kelebihan dan kekuranganya masing – masing. Yang pasti semua jenis keyboard memiliki susunan huruf yang diletakan dengan sedemikian rupa dan melewati berbagai macam test dan riset, sehingga dapat membantu kita menulis lebih tepat dan juga efisien.

Mengubah pengaturan keyboard iPhone

Menyesuaikan sebuah keyboard itu sangatlah penting bagi kita, karena selain untuk kenyamanan juga menunjang mobilitas kita ketika mengetik. Untuk keyboard iPhone sendiri caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu membuka menu setting, kemudian cari pilihan umum dan ketuk papan ketik. Pada menu ini kita dapat menyesuaikan baik itu tata letak, kamus, bahasa dan masih banyak lagi. Atur sedemikian rupa hingga anda merasa nyaman ketika menggunakannya.

Keyboard pihak ketiga pada ponsel iPhone

Apabila anda merasa bosan dengan keyboard iPhone, anda juga bisa menggunakan keyboard lain yang disediakan oleh pihak ketiga. Caranya pun sangatlah mudah, anda hanya perlu mencari keyboard yang anda inginkan di App Store lalu menginstalnya seperti aplikasi biasa.

Untuk dapat menggunakan keyboard yang telah anda gunakan pergilah ke menu pengaturan, kemudian ketuk umum dan pilih papan ketik. Selanjutnya pilih tambahkan papan ketik baru, kemudian pilih aplikasi keyboard yang telah anda instal sebelumnya. Kelebihan keyboard pihak ketiga sendiri biasa memiliki tampilan yang lebih menarik ketimbang keyboard bawaan iPhone, bahkan beberapa  keyboard ada yang memberikan fitur menambahkan gambar pada backround keyboard.

Fitur keyboard satu tangan pada ponsel iPhone

Mungkin untuk beberapa orang kurang terbiasa  menggunakan keyboard dengan tampilan penuh, karena memerlukan kedua tangan ketika hendak menulis. Ponsel iPhone sendiri sebenarnya memiliki fitur mengubah tampilan menjadi keyboard satu tangan.

Untuk mengaktifkan fitur keyboard satu tangan ini anda hanya perlu pergi ke pengaturan, kemudian ketuk umum, pilih menu papan ketik dan terakhir anda hanya perlu  memiliih papan ketik satu tangan dengan mengetuknya. Namun ada beberapa ponsel iPhone yang tidak mendapat fitur ini, seperti pada iPhone SE.

Kelebihan keyboard iPhone

Sebagai produsen smartphone terbesar didunia tentu saja Apple selalu memberikan tekhnologi serta fitur – fitur terbaik mereka pada setiap produknya, untuk keyboard iPhone sendiri tidak ketinggalan. Untuk keyboard iPhone sendiri Apple memberikan fitur 3D touch, walaupun secara garis besar hampir mirip dengan tap and hold yang ada pada smartphone Android. Namun baik tap and hold dan 3D touch sendiri sebenarnya memiliki banyak perbedaan.

Peek and pop

Fitur ini dapat membantu anda melihat preview pada sebuah situs atau email dengan menekan keras pada link maupun subyek email.

Cursor

Anda dapat memunculkan sebuah cursor layaknya pada sebuah komputer dengan menekan keras keyboard iPhone. Cursor ini dapat membantu anda ketika hendak mendandai kata maupun kalimat.

Canggih dan menyenangkan

Fitur 3D touch tentunya merupakan salah satu fitur yang sangat canggih dan juga menyenangkan, karena berkat fitur ini walupun anda sedang menulis menggunakan keyboard vitual namun memiliki sensasi layaknya keyboard fisik.

Baik tampilan maupun tata letak keyboard sangat mempegaruhi kenyamanan kita ketika hendak menulis. Fitur – fitur canggih yang diberikan Apple pada keyboardnya pun sangat membantu kita, dan juga memberikan sensasi tersendiri ketika menggunakannya. Itulah beberapa tips dan trick mengenai keyboard iPhone, apabila anda memerlukan informasi lainnya seputar dunia smartphone bisa langsung mengunjungi aptoide.co.id.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *