Mengenal Komoditi Ekspor Indonesia

Di era globalisasi seperti sekarang ini. Banyak sekali sektor yang terus tumbuh dan berkembang. Bahkan di antaranya adalah sektor perdagangan. Sebagai warga negara indonesia. Sudah sepantasnya kita bangga bahwa negara kita yang tercinta ini mempunyai andil besar dalam bidang perdagangan. Bukan hanya negara dengan penduduk yang banyak dan terkenal akan impor berbagai kebutuhan saja. Namun indonesia juga merupakan salah satu negara di asia yang paling banyak melakukan ekspor. Ini merupakan bukti bahwa indonesia mempunayi sumbangsih besar dalam bidang perdagangan global. Bahkan setiap tahunnya nilai ekspor indonesia justru cenderung naik. Berbicara mengenai ekspor tentu anda akan penasaran mengenai komoditi ekspor indonesia yang dikirim oleh Jasa Ekspedisi Cargo. Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Kebanyakan komoditas ekspor indonesia tentu yang berasal dari alam. Berikut adalah di antaranya.

Jenis Komoditi Ekspor di Indonesia

  1. Minyak sawit

Berbicara mengenai komoditas yang paling banyak di ekspor indonesia tentu tak akan bisa lepas dari minyak sawit. Hal ini memang sudah menjadi fakta dunia bahwa indonesia sendiri merupakan salah satu produsen minyak sawit paling besar di indonesia. Jika anda tidak percaya bisa melihat luasnya perkebunan sawit yang ada di kalimantan dan juga sumatera. Selain banyak digunakan dai dalam negeri. Minyak sawit juga banyak digunakan untuk memasak di berbagai negara yang ada di dunia.  Bahkan indonesia termasuk negara yang begitu lama punya dominasi di dunia ekspor minyak sawit. Diperkirakan produksi minyak sawit yang ada di indonesia menembu 30 juta ton setiap tahunnya. Ini tentu bukan angka yang sedikit. Kebanyakan tujuan indonesia mengekspor sawit adalah ke nigeria dan juga belanda.

pexels.com
  1. Kayu

Jika anda berpikir minyak sawit merupakan satu satunya komoditas ekspor indonesia. Maka anda kan salah karena ada komoditas lainnya yang juga tak kalah ramai. Komoditas tersebut adalah kayu. Sebagai negara yang terkenal dengan lebatnya hutan. Anda tentu sudah tahu bahwa sebagaian besar wilayah indonesia di isi dengan laut an juga hutan. Hutan yang begitu luas tentu membuat produksi kayu yang tinggi. Ini membuat indonesia menjadi salahs satu pengekspor kayu terbesar yang ada di dunia. Bahkan menurut perkiraan besarnya nilai ekspor kayu indonesia di kancah internasional mencapai 5 milliar dollar setiap tahunnya. Angka tersebut jarang sekali turun dan biasanya cenderung naik. Beberapa jenis kayu yang di ekspor oleh indonesia ke beberapa negara seperti cina dan jepang adalah kayu lapis, kertas, bubur kayu, dan juga mebel.

  1. Getah karet

Kayu dan minyak sawit memang merupakan komoditas ekspor asli indonesia yang banyak menguasai pasar perdagangan global. Namun masih ada juga hasil alam indonesia yang mempunyai peranan besar dalam dunia perdagangan global. Getah karet adalah komoditas yang dimaksud. Getah karet di indonesia memang merupakan salah satu hasil perkebunan yang melimpah. Bukan hanya melimpah namun juga barang ini banyak sekali di cari di berbagai enagra. Sebabnya adalah getah karet merupakan bahn utam untuk pembuatan ban. Sebagai mana diketahui bahwa industri otomotif juga terus naik setiap tahunnuya. Ini membuat permintaan akan getah karet semakin tinggi. Produksi getah karet  di indonesia mencapi 3.2 juta ton setiap tahunnya. Jumlah ini hanya kalah dari thailand yang selalu menjadi negara penghasil getah karet terbanyak setiap tahunnya.

pexels.com

Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Pengiriman Komoditas ekspor

Tiga hasil alam tersebut memang baru sebagian kecil komoditas ekspor indonesia. Jika anda tertarik untuk melakukan ekspor maka tiga contoh barang di atas adalah yang paling tepat untuk anda coba. Namun jika anda tidak tertarik dengan 3 komoditas tadi. Masih banyak komoditas asal indonesia yang banyak dicari di internasional seperti kopi, lada, dan rempah rempah.komoditas ekspor anda tentu sudah tahu namun pengiriman barang ke luar negeri anda juga harus tahu. Salah satu jasa ekspedisi yang bisa anda gunakan adalah sjg logistik. Mengapa harus sjg logistik? Ini dikarenakan perusahaan ekspor impor yang berada di bekasi  menawarkan berbagai keunggulan yang akan sulit jika anda hiraukan.

Contohnya saja untuk pengurusan dokumen. Sjg logistik akan membantu anda untuk mengurus semua dokumen dalam melakukan ekspor. Sebut saja masalah pajak dan cukai dan berbagai sertifikat lainnya sebelum anda harus mengirim barang tersebut. sjg logistik juga sudah menyiapkan gudang jika barang yang hendak anda ekspor begitu banyak sehingga membutuhkan ruangan tersendiri. Selain itu harga yang ditawarkan kepada konsumen juga merupakan yang termurah jika dibandingkan dengan jasa ekspedisi lainnya. Sjg logistic memang tidak memberikan tarifnya di situs mereka. Tujuannya adalah agar calon konsumen bisa langsung berinteraksi dengan perusahaan tersebut mengenai tarif. Bahkan anda bisa melakukan negosiasi dengan perusahaan ini untuk menentukan tarif yang sesuai dengan barang yang akan anda kirim.

pexels.com

Jasa Pelayanan Dan Ekspedisi yang Benar Benar Terpercaya

SJG Logistic memiliki berbagai macam kelebihan yang pastinya akan membuat barang barang ekspor tersebut sampai ke tujuan dengan aman dan tetap berkualitas. Itulah yang menjadi alasan mengapa pemilihan SJG logistics sangat penting terutama jika anda adalah pengusaha yang bergerak di bagian ekspor dan impor barang.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *