Mengulik Kelebihan Kubah Tembaga yang Tak Kalah Memukau

Kerajinan tembaga di masa kini semakin menunjukkan pertumbuhan signifikan dengan beragam kreasi menarik. Apalagi saat ini, para pengrajin tembaga mampu membuat kubah masjid berkualitas yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tak hanya sekadar lampu hias ataupun lampu meja saja, kreasi berbahan utama tembaga telah merambah hingga produk kubah masjid. Hal ini terbukti dari banyaknya masjid-masjid di Indonesia yang menggunakan kubah tembaga. Semakin besar kubahnya, tentu masjid tersebut akan tampak lebih megah dan cantik. Seperti halnya masjid Baitussalam yang ada di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Kelebihan menggunakan kubah tembaga untuk masjid

pixabay.com

 Seperti yang kita ketahui, kubah merupakan salah satu ciri khas dari masjid. Kubah juga berfungsi sebagai atap masjid yang berbentuk bulat layaknya setengah bola, dilengkapi dengan tiang pada bagian tengahnya. Tak heran jika banyak masjid yang tampak semakin megah, karena bentuk dan jenis bahan kubahnya, seperti misalnya kubah emas.

Alternatif bahan kubah

Kubah masjid yang terbuat dari emas memang belum banyak di Indonesia. Pasalnya, dibutuhkan biaya yang jauh lebih mahal. Nah, sebagai alternatif pengganti kubah emas yang tak kalah cantiknya adalah kubah berbahan dasar tembaga. Kubah tembaga bisa Anda lapisi dengan gold plate untuk memberikan aksen dan kilauan seperti emas.

Tahan lama dan anti-korosi

Bukan hanya itu saja, kubah masjid yang terbuat dari tembaga cenderung lebih tahan lama. Anda tak perlu khawatir kubah masjid tersebut berkarat atau mengalami korosi, kemudian rusak secara perlahan. Kubah masjid tembaga juga terbukti tahan terhadap segala kondisi cuaca di Indonesia. Suatu nilai lebih yang patut diperhitungkan, bukan?

Mudah dibentuk

Kubah tembaga juga menjadi salah satu pilihan alternatif, karena bisa dengan mudah dibentuk, diberi pola semacam ukiran, maupun relief. Tak heran jika kubah masjid yang terbuat dari tembaga memiliki bentuk dan pola desain yang unik.

Anda pasti tidak menyangka, kalau kubah masjid tembaga juga bisa dikreasikan dalam beragam warna, corak, dan model yang menarik. Anda bisa memesan kubah berbahan tembaga, tapi berwarna emas yang berasal dari tembaga kuningan ataupun kombinasi cokelat dan rose gold.

Ada pula kubah yang berukuran besar, sedang, maupun kecil tergantung dari bangunan masjid nya. Tentu saja, ukuran dan bentuk kubah ini juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda sebagai pemesannya. Bahkan, tak sedikit pengrajin kubah yang memperbolehkan Anda untuk merancang sendiri modelnya. Menarik, ya!

Ringan

Biasanya, faktor kesulitan pada saat proses pemasangan kubah tergantung dari ketinggian bangunan masjid itu sendiri. Sebab, semakin tinggi posisi merangkai kubah, maka semakin kencang pula angin yang berembus. Namun, karena tembaga terbilang ringan, maka kesulitan ini tidak begitu berarti.

Kubah tidak berbentuk utuh saat akan dipasang, tapi dipisah dalam beberapa bagian untuk dirangkai satu persatu di atas masjid. Masing-masing bagiannya dikaitkan dengan menggunakan las listrik yang membutuhkan waktu paling lama sekitar 7 hari. Sementara, waktu pembuatan kubah masjid dari tembaga itu sendiri biasanya hanya memerlukan waktu 14 hari saja.

Harga Kubah Tembaga untuk Masjid

pixabay.com

Murah dan terjangkau

Meski pada umumnya dibuat dengan teknik penuh ketelitian dan kualitas bahan terbaik, harga kubah masjid dari tembaga masih sangat terjangkau. Pastinya, kerajinan tembaga satu ini masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kubah beton ataupun emas.

Meski murah, tapi tetap berkualitas

Tak perlu khawatir, walau dibanderol murah, pembuatan kubah ini pastinya dilakukan dengan sangat teliti oleh para pengrajin berpengalaman dan profesional. Biasanya, mereka akan memberikan kerangka yang terbuat dari besi sebagai penopang bagian dalam kubah. Jadi, bisa dipastikan bahwa kubah yang terbuat dari tembaga juga memiliki kekuatan yang tak perlu diragukan lagi.

Jangan ragu lagi untuk memesan kubah tembaga yang pastinya tak kalah indah dengan kubah masjid berbahan beton ataupun emas ini. Dijamin, tampilan masjid yang merupakan simbol kebesaran rumah ibadah umat Islam ini akan menjadi lebih mewah, elegan dan menawan. Apalagi, kubah jenis ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau tanpa mengurangi kemegahan masjid itu sendiri.

Masjid berkubah tembaga dengan ukiran pola yang bernilai seni tinggi pasti membuat siapa pun tertarik untuk berlama-lama di dalamnya. Alangkah lebih indah lagi, jika interior masjid diberi hiasan kaligrafi tembaga bertuliskan nama Allah SWT sesuai keinginan Anda. Semoga informasi seputar masjid kubah tembaga ini bermanfaat ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *