Agar Tak Salah Pilih, Sudah Tahu Tips Memilih Lantai Toilet Rumah? Cek Disini

Di Zaman modern seperti saat ini, fungsi kamar mandi tak hanya digunakan untuk mandi saja. Beberapa orang menggunakan kamar mandi sebagai tempat untuk menghilangkan penat dengan relaksasi. Untuk itu perlu memperhatikan beberapa hal jika ingin menghadirkan sebuah kamar mandi yang nyaman. Salah satunya adalah masalah lantai toilet rumah yang tidak bisa dipilih sembarangan. Agar tak salah pilih yuk simak ulasan berikut.

Tips dan Trik Dalam Memilih Lantai Kamar Mandi

  1. Disesuaikan Dengan Jenis Kamar Mandi

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum memilih lantai untuk kamar mandi adalah menentukan kriteria atau jenis kamar mandi apa yang diinginkan. Kamar mandi kini ada dua konsep yakni kamar mandi basah dan juga kamar mandi kering. Dimana kedua konsep ini jelas memiliki lantai untuk kamar mandi yang berbeda. Kamar mandi kering dirasa jauh lebih nyaman karena tidak akan menemukan genangan air di dalamnya.

Kamar mandi kering juga dirasa lebih baik dari segi kesehatan karena tidak ada air yang bisa menjadi sarang nyamuk. Sementara untuk kamar mandi basah lebih simple karena tidak membutuhkan adanya saluran air yang panjang seperti halnya dalam kamar mandi kering. Apabila sudah menemukan jenis kamar mandi seperti apa, maka akan mudah untuk menentukan material lantai toilet rumah yang nantinya akan digunakan.

Karena kamar mandi basah membutuhkan keramik dengan tekstur yang kasar atau yang matte. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terpleset karena kamar mandi basah bisa terdapat genangan air di beberapa tempat. Kondisi kamar mandi basah juga lebih lembab sehingga resiko terpeleset lebih besar. Sementara untuk motif lantai yang bisa digunakan cukup beragam dari kotak hingga bungga dan juga kayu agar kamar mandi semakin cantik.

Berbeda dengan kamar mandi kering yang secara umum dibagi ke dalam 2 bagian. Yakni bagian tepat di bawah shower dan lantai kering lainnya selain yang di bawah shower. Bagian bawah shower lebih baik menggunakan batu alam atau keramik yang bertekstur. Sementara untuk daerah lain bisa menggunakan keramik motif maupun polos sesuai dengan selera. Agar semakin cantik kamar mandi kering juga bisa ditambahkan hiasan seperti tanaman.

pexels.com
  1. Menyesuaikan Ukuran Keramik Dengan Luas Kamar Mandi

Setelah mengetahui tipe kamar mandi yang diinginkan serta keramik yang disarankan, maka anda juga harus mengetahui ukuran keramik yang dan ukuran kamar mandi. Mengingat ukuran keramik sangat beragam maka lantai toilet rumah harus disesuaikan. Jika memiliki kamar mandi yang luas maka bisa menggunakan keramik atau material lantai yang kecil untuk bagian dekorasi saja. Sebaliknya untuk ruangan mungil harus membatasi keramik yang besar.

Hal ini agar keramik bisa seimbang ukurannya dengan ukuran ruangan itu sendiri. Bukan hanya itu, ruangan mungil yang banyak menggunakan keramik besar maka keramik akan banyak terbuang. Sementara jika ruangan luas menggunakan keramik kecil nantinya akan membutuhkan banyak keramik yang membuat anda nantinya boros. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mengetahui ukuran kamar mandi yang bisa anda tanyakan pada jasa arsitek anda.

  1. Melakukan Eksplorasi Pemasangan Keramik

Perlu diketahui jika memasang keramik atau material untuk lantai kamar mandi tak bisa dilakukan dengan langsung pasang. Hal umum yang paling banyak dilakukan adalah memasangnya seperti papan catur. Jika anda ingin mendapatkan kamar mandi yang lebih estetik maka, sebaiknya anda mencari dan mengekplorasi pola unik untuk lantai kamar mandi di rumah. Tak hanya bisa menghasilkan pola unik namun juga cantik nan estetik.

Anda bisa mencoba memasang lantai toilet rumah seperti menyusun batu bata misalnya. Atau jika menggunakan lantai yang bermotif menyusunnya hingga motifnya membentuk pola yang unik. Dengan mencoba berbagai variasi pemasangan yang lain dari yang lain, maka kamar mandi yang anda miliki akan memiliki karakter tersendiri. Kegiatan mandi atau berendam tentunya akan semakin nyaman dilakukan di kamar mandi rumah.

pexels.com
  1. Memilih Bahan Yang Mudah Dibersihkan

Tak hanya memilih berdasarkan yang disenangi, material untuk lantai kamar mandi juga harus mempertimbangkan perawatannya. Lantai atau dinding yang menggunakan material tertentu mudah untuk ditumbuhi lumut. Apalagi jika anda menggunakan kamar mandi basah untuk konsepnya. Keramik atau material yang ditumbuhi lumut tentunya akan sulit untuk dibersihkan. Beberapa juga akan berkerak jika sudah dalam jangka waktu yang lama.

Untuk memudahkan perawatan, maka sebaiknya memilih keramik atau material lain yang mudah dibersihkan. Pastikan anda juga memilih keramik atau bahan lain yang tidak mudah tergores dan warnanya tak mudah luntur. Memang bukan hal yang sulit untuk mengganti lantai kamar mandi, namun alangkah baiknya jika material berkualitas dan tahan lama. Anda tak perlu mengeluarkan budget lagi untuk merubah susunan dari lantai toilet rumah anda,

  1. Memilih Warna dan Motif Yang Sesuai

Untuk menentukan warna serta motif dibutuhkan pertimbangan yang matang. Namun jangan khawatir ada cara untuk mensiasatinya yakni dengan memilih motif yang sama dengan tema yang anda usung. Apabila anda menggunakan konsep minimalis, maka sebaiknya menghindari motif yang terlalu ramai. Sebaiknya anda lebih berfokus pada detail dari material atau keramiknya.

Sementara untuk warna anda tidak boleh melupakan sumber pencahayaan pada kamar mandi. Terutama untuk pencahayaan dari matahari yang harus tersinari dengan baik. Warna gelap bisa anda gunakan jika pencahayaan pada ruangan bagus. Sementara jika tidak sebaiknya anda menggunakan warna cerah untuk kamar mandi anda. Karena warna cerah akan memantulkan cahaya sehingga bisa menyebar ke seluruh ruangan.

pexels.com
  1. Menghindari Keramik atau Material Yang Licin

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih lantai toilet rumah adalah teksturnya. Sebaiknya anda menghindari tekstur yang licin terutama untuk kamar mandi basah. Untuk mengurangi resiko tergelincir, anda bisa menggunakan material untuk lantai dengan tekstur yang cukup kasar. Jika menggunakan keramik yang glossy  kemungkinan besar jika lantai nantinya akan licin dan berbahaya.

Kamar mandi menjadi sebuah ruangan yang pastinya ada di dalam sebuah rumah. Fungsinya juga telah bergeser tak hanya untuk membersihkan badan saja. Pemilihan lantai kamar mandi menjadi sangat penting mengingat jika salah bisa berbahaya. Salah satunya adalah meningkatkan resiko tergelincir. Setiap material yang digunakan untuk kamar mandi tentunya bisa disesuaikan dengan tema dan juga selera pemiliknya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *