Manfaat Biji Jagung Yang Wajib Diketahui

Orang Indonesia pasti sudah kenal dengan tanaman yang satu ini. Di Indonesia, jagung bisa tumbuh dengan subur dan mudah untuk di kembangkan. Untuk itu mencari sumber daya jagung tidaklah sulit. Banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika kita menanam jagung. Namun yang paling utama ketika kita menanam jagung adalah dengan memanen bijinya.

Biji jagung merupakan bagian utama dari jagung yang tumbuh secara bersamaan dalam satu tongkol atau tangkai jagung. Biji jagung dalam satu tongkol biasanya berjumlah ratusan buah. Karena itulah biji jagung sangat mudah didapatkan. Misalnya saja dalam satu pohon terdapat 7 tongkol jagung maka kita bisa mendapatkan ribuan biji jagung untuk satu pohonnya. Apabila kita timbang, maka bobotnya bisa menyentuh angka kwintalan untuk beberapa pohon jagung.

Manfaat Biji Jagung Untuk Makanan

Biji jagung ternyata banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai makanan olahan maupun pakai ternak. Sebagai makanan olahan, biji jagung ini bisa diolah menjadi makanan manis atau asin. Untuk makanan manis misalnya gerontol jagung, jasuke (jagung susu keju) dan lainnya. Sementara untuk yang asin bisa diolah sebagai keripik jagung, marning jagung, jagung geprek dan lainnya.

Manfaat Biji Jagung Untuk Pakan Ternak

Jika sebagai makanan ternak, biji jagung ini biasanya diberikan untuk hewan hewan ternak berupa unggas. Misalnya untuk pemberian pakan burung dara, ayam dan burung kicau. Untuk pengolahannya sendiri berbeda dengan biji jagung yang digunakan sebagai makanan olahan.

Untuk makanan ternak, biji jagung hanya perlu dijemur sampai kering dibawah sinar matahari langsung. Ketika diberikan kepada unggas maka anda bisa menyeduhnya dengan air panas lalu ditambah dengan suplemen lain, atau menyajikannya begitu saja.

Biji jagung hampir sama dengan beras dari segi keawetan dan penyimpanannya. Namun disini, biji jagung lebih unggul dari segi kepraktisan pengemasan. Karena biji jagung selain bisa dikemas dalam bentuk butiran, biji jagung juga bisa dikemas dalam bentuk tongkol.

Dengan bentuk tongkol jagung maka akan lebih mudah dalam pengemasan dan mobilitas. Pada jagung yang berumur masih mudah, bijinya bisa digunakan sebagai sayur. Di Jawa sendiri namanya adalah Putren.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *