Inilah Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

Di Negeri asalnya, buah kurma menjadi makanan pokok serta komoditas utama. Buah kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini memiliki bentuk lonjong atau silinder dengan panjang rata-rata buah tersebut adalah 3 cm sampai dengan 7 cm dan diameter ukuran buah kurma adalah 2 cm-3 cm.

Ketika masih muda, buah kurma memiliki warna merah cerah atau kuning terang dan masing-masing jenis kurma berbeda ciri-cirinya satu dengan yang lain. Dan ketika buah kurma sudah matang sempurna maka berwarna kecokelat-cokelatan. Buah kurma memiliki biji tunggal dengan panjang sekitar 2 cm-2,25 cm dan ketebalan dari biji buah kurma adalah sekitar 6 mm sampai dengan 8 mm.

Karakteristik Pohon Kurma

pexels.com

Pohon Kurma adalah tanaman yang masuk dalam kategori dioecious yaitu tanaman yang antara jantan dan betina hidup secara terpisah. Pohon kurma dapat dengan mudah di tanam hanya dengan menggunakan biji. Namun pada pohon betina dari kurma hanya memiliki prosentase sekitar 50 persen saja yang bisa tumbuh sampai dengan berbuah. Itupun buahnya memiliki bentuk yang bisa dibilang terlalu kecil dari normalnya.

Para petani kurma di timur tengah biasanya menanam kurma dengan menggunakan sistem kultivar Medjoo. Karena dengan menggunakan sistem  kultivar Medjoo akan dapat menghasilkan buah kurma yang berkualitas tinggi dan buah kurma tersebut memiliki bentuk yang besar.

Pohon kurma baru bisa berbuah setelah di tanam dengan kisaran waktu 4 tahun sampai dengan 7 tahun. Dan baru bisa di panen ketika usia pohon tersebut berkisar antara 7-10 tahun. Dan pphon kurma yang di tanam dengan sistem  kultivar Medjoo akan lebih cepat berbuah hanya sampai usia 2-3 tahunan.

Jenis Kurma Yang Terkenal

Ada berbagai macam jenis tanaman kurma yang di budidayakan di berbagai negara di dunia. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman kurma yang terkenal di seluruh dunia.

– Kurma Aabel

Tanaman kurma jenis Aabel ini banyak di budidayakan di negara Libya.

– Kurma Ajwah

Salah satu jenis kurma yang paling terkenal adalah kurma Ajwah. Di dalam hadist nabi sendiri kurma ini di sebut sebagai buah kurma yang terbaik. Tanaman kurma Ajwah banyak tumbuh di Madinah yaitu pada dataran tinggi Madinah yang terletak tak jauh dari Nejed, salah satu daerah di Arab Saudi.

– Kurma Al-Barakah

Tamanam kurma dengan jenis kurtival Al-Barakah ini banyak di tanam dan di budidayakan oleh para petani yang ada di negara Arab Saudi.

– Kurma Amir Hajj

Buah kurma ini banyak di tanam di negara Irak. Karakteristik buah kurma jenis Amir Hajj ini adalah memiliki tekstur yang lembut dengan kulit tipis namun daging buah kurma tebal.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

pexels.com

Apakah buah kurma memiliki banyak manfaat dan khasiat? Sudah jelas, jawaban atas pertanyaan itu adalah Iya. Lalu, apakah buah kurma juga bisa berguna untuk kesehatan dari Ibu Hamil beserta dengan janin? Untuk membuktikan hal tersebut, mari kita bedah manfaat dari kandungan gizi yang ada pada buah kurma atau Tamr ini. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini tentang beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil :

1. Kurma Menjadi Sumber Energi

Seorang ibu hamil tentu saja membutuhkan energi ekstra untuk menjaga kesehatan dirinya dan tentu saja kesehatan dari si buah hati yang ada di janin ibu hamil tersebut. Di dalam buah kurma, kurang lebih terdapat sumber energi sekitar 1180 kJ atau setara dengan 280 kcal. Dengan sumber energi yang begitu banyak dari buah kurma, maka seorang ibu hamil yang mengkonsumsi buah kurma akan tercukupi sumber energi untuk kesehatan dirinya sendiri dan juga untuk kesehatan dari janin tersebut.

2. Kurma Dapat Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu manfaat dan khasiat dari buah kurma adalah bisa melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Kaitan nya dengan ibu hamil adalah jika sistem pencernaan dari ibu hamil tersebut lancar, maka bisa di pastikan bahwa ibu hamil tersebut bisa terhindar dari berbagai permasalahan sistem pencernaan. Permasalahan sistem pencernaan yang dimaksud adalah semisal sembelit, diare dan lain sebagainya. Karena di dalam buah kurma terdapat kandungan gizi berupa serat yang cukup banyak sehingga bisa memperlancar sistem pencernaan dari ibu hamil dan bisa terhindar dari berbagai macam permasalahan sistem pencernaan yang akan dapat mengganggu kesehatan.

3. Buah Kurma Mengandung Vitamin K

Vitamin K adalah Salah satu kandungan gizi yang terdapat dalam buah kurma yang baik untuk tubuh. Vitamin K ini memiliki peran dan fungsi untuk menguatkan pertumbuhan tulang dari janin. Tak hanya sampai di situ saja loh. Setelah proses persalinan, ibu hamil di anjurkan untuk tetap mengkonsumsi buah kurma. Karena Vitamin K di dalam buah kurma tersebut bisa memperlancar produksi dari ASI atau air susu ibu sehingga kebutuhan dasar dari bayi tersebut bisa terpenuhi.

Nah, sekarang bisa kita simpulkan bahwa buah kurma memiliki manfaat bagi ibu hamil dan buah hatinya. Jika kamu ingin membeli buah kurma, kamu bisa membeli di tempat jual kurma terbaik yang bisa kamu akses secara online yaitu pada website pasarkurma.com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *