Manfaat Pisang Untuk Pencernaan

Buah pisang adalah jenis buah yang rasanya manis dan legit saat sudah matang. Selain rasanya yang enak, buah yang satu ini juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin, maka akan ada banyak manfaat pisang yang bisa anda peroleh. Hal tersebut dikarenakan  kandungan nutrisi dalam pisang yang cukup lengkap antara lain protein, karbohidrat, vitamin A, B dan C, Potasium atau kalium, magnesium dan serat.

Selama ini mungkin anda sudah tidak asing dengan berbagai manfaat pisang bagi kesehatan. Namun selain itu ternyata pisang juga tak kalah bagus untuk pencernaan. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat bagus dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan anda. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat buah pisang bagi pencernaan yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Meredakan Masalah Perut
    Jika saat ini anda sedang sakit perut maka atasilah dengan mengkonsumsi pisang. Sebab pisang dapat membantu meredakan masalah pencernaan. Kandungan serat dan beragam jenis nutrisi dalam pisang menjadikannya sangat bagus untuk kesehatan pencernaan.
  2. Program Diet
    Untuk anda yang sedang menjalankan program diet, maka buah pisang bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat. Karena pisang kaya akan serat yang bisa membantu memperlambat proses pencernaan. Hal tersebut dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi porsi makan.
  3. Mengatasi Konstipasi
    Bila anda sedang mengalami konstipasi, maka disarankan untuk mengkonsumsi pisang yang sudah matang. Hindari mengkonsumsi pisang yang belum matang atau masih mentah karena bisa memperparah konstipasi.
  4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
    Perlu anda ketahui bahwa ternyata pisang yang belum matang sangat bagus untuk kesehatan saluran pencernaan. Sebab pisang yang mentah adalah sumber sari pati resisten yang merupakan makanan untuk bakteri baik di dalam usus besar.
  5. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar
    Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayur dan buah termasuk juga pisang dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi dan antioksidan dalam buah pisang.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat buah pisang untuk pencernaan yang perlu anda ketahui. Melalui informasi di atas, kini anda tidak perlu ragu mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Sebab akan ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh baik untuk kesehatan tubuh maupun pencernaan anda.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *