Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu

Bagi anda penggemar aneka sajian berbahan dasar ikan mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner dari ikan kerapu. Dimana kerapu adalah jenis ikan laut yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi untuk memperoleh kerapu di pasaran kini juga semakin sulit karena jumlahnya yang semakin berkurang akibat kurangnya pelestarian.

Tak heran jika harga kerapu di pasaran juga semakin mahal. Tetapi masih banyak nelayan yang bisa memperoleh ikan ini dilaut sebagai salah satu komoditas yang menjanjikan. Selain menikmati kelezatan kerapu, anda juga perlu tahu bahwa kerapu terbagi menjadi dua jenis yaitu kerapu hibrida dan non hibrida.

Untuk kerapi hibrida dihasilkan dari perkawinan silang dan kerapu non hibrida dihasilkan tanpa mengalami perkawinan silang atau masih asli. Untuk menambah wawasan anda seputar kerapu maka berikut akan dijelaskan beberapa jenis-jenisnya.

  1. Kerapu Macan
    Kerapu jenis ini termasuk dalam non hibrida dan habitatnya di perairan dasar tepatnya di terumbu karang. Disebut kerapu macam karena corak tubuhnya mirip corak tubuh macan. Adapun corak kerapu macan ini berupa warna kuning di bagian permukaan kulit. Warna corak ini memudahkan kerapu untuk mengelabuhi mangsanya.
  2. Kerapu Tikus
    Kerapu tikus banyak ditemukan di perairan laguna atau yang mempunyai terumbu karang besar. Tubuh kerapu tikus mempunyai corak totol-totol berwarna hitam. Biasanya nelayan menjual jenis kerapu ini untuk dikonsumsi atau bisa juga dipelihara dalam akuarium. Bahkan harga kerapu tikus grade 1 bisa mencapai jutaan rupiah.
  3. Kerapu Cantang
    Kerapu cantang adalah hasil persilangan antara kerapu kertang dan kerapu macan. Saat ini banyak petani yang telah membudidayakan kerapu jenis ini karena memiliki tekstur daging yang empuk, bersih dan lezat.
  4. Kerapu Merah
    Kerapu jenis ini banyak diminati karena rasa dagingnya yang lezat dan harganya juga tidak begitu mahal. Tetapi kerapu merah cukup sulit dibudidayakan dibandingkan jenis kerapu lainnya. Biasanya kerapu merah berada di lautan yang banyak terdapat terumbu karang.
  5. Kerapu Kertang
    Kerapu jenis ini mempunyai ciri fisik berupa warna hitam serta terdapat totol-totol warna putih. Biasanya kerapu kertang banyak ditemukan pada ekosistem muara dan bisa ditemukan di hampir seluruh perairan di Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis ikan kerapu yang bisa menambah referensi anda. Dengan memahami jenis-jenis kerapu maka anda bisa lebih mudah membedakannya sehingga akan membantu anda saat ingin membeli kerapu baik untuk konsumsi atau budidaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *