Mengenal Kuda Pacu di Indonesia dan Di Dunia

Kuda pacu atau disebut dengan pacuan kuda adalah salah satu bidang olahraga yang memang sudah diselenggarakan sejak berabad-abad yang lalu.

Pacuan kuda ini bertujuan melatih kuda agar bisa mencapai garis finish dengan mulus dan selamat, namun tidak jarang kecelakaan terjadi ketika melakukan olahraga pacuan kuda ini, butuh kehati-hatian yang ekstra ketika menaikinya.

Sejarah

Kuda pacu tidak hanya populer akhir-akhir ini saja, sejak berabad-abad yang lalu sudah banyak yang menyelenggarakan lomba pacuan kuda oleh bangsa Romawi Kuno untuk bisa memikat hati raja dan memenangkan pertandingan dengan saingan ribuan orang pada masa itu. Olahraga ini dibilang sebagai olahraga orang kaya, atau pada jaman dulu disebut dengan olahrga bangsa raja.

Kuda Pacu Di Indonesia

Di Indonesia ada banyak sekali pertandingan pacuan kuda yang diselenggarakan oleh penyelenggara daerah setempat, dan ada banyak sekali orang setempat yang ikut berpatisipasi dalam olahraga pacuan kuda ini.

Untuk sebagian orang beranggapan bahwa kuda pacu adalah jenis olahraga yang menyenangkan dan melatih adrenalin tersendiri. Dalam lingkup lomba pacuan kuda sering diterapkan beberapa peraturan yang harus dijalani oleh setiap pemainnya, peraturan ini bertujuan untuk menghindari sikap kecurangan dan kedisplinan bagi para pemain pacuan kuda tersebut, peraturan yang harus diterapkan adalah jika pemain sudah melakukan kesalahan, contohnya menjatuhkan tahap-tahap rintangan dan menolak dengan batas waktu yang diperbolehkan bisa dikenakan fault atau sanksi angka kesalahan yang harus ditanggung.

Pacuan kuda juga sangat terkenal didaerah Sumbawa, dan untuk istilah masyarakat sekitar pacuan kuda dikenal dengan “Maen Jaran”, pacuan kuda ini sudah lama ditanamkan sebagai tradisi masyarakat Sumbawa selepas panen padi, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bukti rasa bahagia dan bersyukur telah diberi rezeki yang melimpah oleh Ilahi dan petani yang sudah sudah berjuang dalam menghasilkan padi-padi yang berkualitas baik.

Bukan hanya semata-mata lomba biasa saja, pacuan kuda didaerah Sumbawa terkadang menarik perhatian berbagai sponsor dan menyediakan berbagai hadiah yang sangat menarik seperti kulkas, motor, sepeda, sejumlah uang dan lain sebagainya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *