Menggali Informasi Seputar Air Terjun Ponot

alam menjadi jenis liburan yang banyak dipilih oleh masyarakat karena menawarkan liburan yang menarik dan mengesankan. Dengan tingginya minat akan wisata alam, kita dapat menemukan  beragam jenis wisatawan yang ditawarkan oleh daerah-daerah tertentu. Sumatera Utara misalnya, propinsi ini menawarkan air terjun ponot kepada para wisatawan yang ingin menikmati wisata alam menarik. Meskipun tidak sepopuler Danau Toba, air terjun ponot cukup dikenal oleh warga Sumatera Utara. Jika kita menggali informasi akan air terjun ponot, kita akan mendapatkan informasi yang cukup mengejutkan.

Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Jika seseorang tertanya mengenai nama air terjun tertinggi di Indonesia, air terjun ponot adalah jawabannya. Jika ditelisik mengenai ketinggian yang dimiliki oleh air terjun ponot, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 250 m. Air yang mengalir dari air terjun tidak langsung dialirkan ke bawah namun dialirkan kembali melalui dua buah undakan. Air terjun tertinggi di Indonesia ini beradal dari aliran sungan Asahan yang memiliki ketinggian 500 mdpl. Air terjun ponot tidak hanya dikenal akan ketinggiannya saja melainkan dikenal pula dengan debit air yang cukup besar. Ketika kita berada dekat dengan air terjun, kita akan dibasahi oleh percikan air terjun tersebut. Guna menghindari percikan air terjun, ada baiknya untuk berada sedikit jauh dari lokasi wisata.

Berada di sekitar lokasi wisata air terjun ponot, kita akan menemukan batuan berukuran besar yang memenuhi kawasan air terjun. Batu berukuran besar tersebut bahkan mampu menarik perhatian para wisatawan akibat ukurannya yang tak biasa. Jika diperhatikan dengan baik, lokasi air terjun ponor berdekatan dengan lokasi wisata air terjun sigura-gura. Ketika kita berkunjung ke air terjun ponot, kita harus membeli tiket masuk terlebih dahulu dengan harga Rp. 10.000 untuk setiap wisatawan yang berkunjung. Guna memberikan kenyamanan bagi wisatawan, air terjun ponot dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Toilet dan warung makan menjadi beberapa fasilitas pendukung yang berada di kawasan air terjun ponot.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *