Menulis Artikel Agar Disukai Pembaca

Ada cukup banyak hobi yang sudah dilakukan oleh banyak orang di Indonesia ini dan salah satu hobi yang mungkin cukup sering dilakukan oleh banyak orang adalah hobi menulis. Ada banyak ekspresi yang bahkan bisa dilakukan oleh sejumlah penulis untuk menggambarkan suasana hati mereka. Ada juga yang ingin menulis karena sekedar memberikan informasi dan yang lainnya.

Pentingnya Paham Cara untuk Menulis yang Baik dan Benar

pixabay.com

Memiliki hobi menulis memang sudah menjadi kegiatan yang bahkan dilakukan oleh beberapa orang di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Hanya saja, ada beberapa orang yang bahkan masih kebingungan tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Berbagai media menulis yang digunakan oleh banyak orang pun sangat bervariasi.

Beberapa dari Anda semua mungkin sudah paham bahwa dalam menulis tentu akan ada aturan EYD yang berlaku. Sebab, berbagai konten tulisan yang ada di internet saat ini seringkali menyinggung perasaan dari beberapa orang. Maka dari itu, semua orang harus bahkan wajib untuk paham akan bagaimana tata cara menulis yang baik dan benar.

Nah, untuk salah satu media yang bisa digunakan untuk menulis adalah blog. Blog ini adalah sebuah wadah untuk menulis bagi beberapa orang dengan konsep dan tema yang menyesuaikan dan tergantung sesuai dengan apa yang penulis inginkan. Di dalam blog ini, akan ada beberapa informasi termasuk artikel untuk blog.

Di mana artikel inilah yang nantinya akan dibaca oleh siapa pun masyarakat yang membuka blog Anda. Anda juga bisa melihat beragam tips dan trik yang diberikan oleh seseorang untuk melakukan beberapa hal. Baik tips kecantikan, tips bepergian dan lain sebagainya. Karena blog ini akan dibaca oleh beberapa orang, maka usahakan untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Tips Meningkatkan Kualitas Tulisan

pixabay.com

Untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda sebagai sebuah sumber artikel yang akan diletakkan di dalam blog, maka tips yang bisa Anda lakukan termasuk tips dari kontenesia diantaranya sebagai berikut ini:

  • Menulis Seperti Berbicara

Hal yang paling mudah dilakukan agar tulisan yang akan Anda buat nantinya enak dibaca adalah menulis seperti halnya Anda sedang berbicara kepada teman Anda. Apabila dirasa sulit, maka yang perlu Anda lakukan tentunya rajin berlatih. Menulislah terlebih dahulu, membacanya berulang-ulang, merevisi, dan yang lainnya.

  • Paham dengan Topik yang Akan Ditulis

Kemudian, agar nantinya tulisan Anda juga enak dibaca, maka Anda disarankan untuk paham terlebih dahulu akan topik yang akan ditulis. Mungkin hal ini juga menjadi sebuah alasan mengapa blog jarang diupdate karena jarangnya penulis paham topik apa yang akan mereka buat. Banyak penulis yang bahkan hanya menuliskan secara asal tanpa paham isinya.

  • Jangan Terlalu Banyak Basa-Basi

Saat ini, banyak pengguna internet yang memiliki kesibukan yang tinggi. Usahakan untuk tidak menghabiskan waktu pembaca blog untuk membaca basa-basi yang tidak penting dari blog yang nantinya akan Anda buat ini. Basa basi memang diizinkan, hanya saja usahakan untuk tidak terlalu panjang lebar maupun bertele-tele.

  • Melibatkan Pembaca

Apabila Anda sudah seringkali membaca beberapa artikel untuk blog, pastinya Anda akan paham bahwa melibatkan pembaca adalah hal yang utama wajib untuk Anda lakukan. Dengan melibatkan pembaca, maka banyak orang yang membaca akan merasa bahwa penulis sedang berbicara dengannya dan terkadang membuat pembaca merasa nyaman.

  • Menggunakan Gaya Bahasa yang Mudah Dipahami

Anda juga wajib untuk mengusahakan untuk menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami. Sebab, tidak semua pembaca blog memiliki tingkat kecerdasan yang sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami ini maksudnya adalah menggunakan kosa kata yang sederhana, kemudian tidak menggunakan istilah yang tidak jelas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Jangan Menulis Terlalu Panjang

Usahakan untuk setiap paragraf yang akan dibuat ini tidak akan lebih dari 3 baris maupun 3 kalimat. Hal ini seringkali disepelekan oleh beberapa orang. Padahal hal ini sangat penting karena paragraf yang terlalu panjang seringkali membuat orang merasa bosan bahkan membuat mata cepat merasa pegal-pegal.

  • Menggunakan Subheading

Ada beberapa hal sepele lainnya yang terkadang dilupakan oleh para penulis. Beberapa hal yang seringkali diabaikan oleh para penulis ini adalah penggunaan subheading. Penggunaannya memang sama seperti halnya penjelasan sebelumnya. Di mana dengan menulis menggunakan subheading ini maka banyak membaca yang bisa membacanya lebih mudah.

Biasanya beberapa orang yang memiliki blog dengan menulis, akan menggunakan gambar untuk memperjelas tulisan yang Anda miliki. Banyak orang yang merasa ribet dengan penempatan gambar yang terkadang kurang merasa penting, akan tetapi saat ini menyelipkan gambar pada sebuah blog adalah keharusan.

Jadi, menulis artikel yang akan Anda cantumkan di dalam blog ini memang tidaklah sulit, beberapa hal yang membuat sulit tentunya karena Anda belum terbiasa. Jadi, usahakan untuk terus berlatih dan usahakan untuk tidak mengambil konten atau isi artikel miliki orang lain. Untuk membaca tips dan trik lainnya, Anda bisa membacanya di kontenesia.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *