Pilihan dan Jenis Motor 2 Tak

Anda semua yang menyukai dunia otomotif khususnya kendaraan roda dua pastinya tidak akan asing dengan jenis motor 2 tak. Di mana jenis motor ini memang sempat menjadi motor yang terkenal pada tahun 80-an sampai dengan akhir tahun 90-an. Ada begitu banyak pabrik sepeda motor di Indonesia yang merilis model sepeda motor baik itu jenis bebek maupun jenis sport.

Mengenali Seputar Motor 2 Tak

Untuk kelas bebek, seperti contohnya Yamaha Alfa dan juga Fiz-R 2-tak. Sedangkan di kelas sport, ada Kawasai yang memiliki koleksi 2-taknya tersendiri. Hanya saja saat ini motor dengan menggunakan mesin ini bisa dibilang sudah hampir mengalami kepunahan. Alasannya karena beberapa jenis motornya belum memiliki syarat pada standar emoso Euro 3.

Sebenarnya untuk jenis 2-tak ini sendiri bukan merupakan teknologi yang lewat begitu saja dikarenakan tenar pada zamannya. Sebab, motor dengan mesin ini sendiri memiliki banyak pecintanya masing-masing. Apalagi jenis mesin motor ini juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis motor 4-tak seperti yang lainnya.

Beberapa tempat seperti HMTC Surabaya akan menyediakan beberapa jasa untuk Anda semua melakukan perbaikan pada kendaraan 2-tak yang dimiliki. Motor dengan mesin 2-tak ini sendiri memiliki performa yang jauh lebih tangguh dibandingkan dengan mesin 4-tak. Karena tidak hanya membutuhkan momentum 2 kali putaran piston naik turun untuk pada akhirnya mendapatkan 1 kali tenaga.

Kehebatan Mesin Motor 2 Tak di Indonesia

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Berbagai jenis motor dengan mesin baik 2-tak dan juga 4-tak di Indonesia ini memang begitu bervariasi. Bahkan masing-masing mesin motor yang tersedia juga memiliki kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri. Sedangkan untuk beberapa kelebihan yang nantinya akan Anda peroleh apabila Anda memutuskan untuk menggunakan motor dengan mesin 2-tak adalah:

  • Kehadiran dari konstruksi sekaligus cara kerja mesin yang terbilang sederhana dibandingkan dengan motor 4-tak ini sendiri membuat mesin ini jauh lebih mudah untuk dilakukan perawatan. Bahkan sampai saat ini, rata-rata bengkel sepeda motor yang sudah tersedia di Indonesia bisa melakukan perbaikan untuk motor dengan mesin 2-tak ini sendiri.
  • Untuk hasilnya sendiri, motor dengan mesin 2-tak ini sendiri mampu dalam menyajikan performa yang jauh lebih responsif. Hal inilah yang membuat motor mesin 2-tak ini memiliki tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan dengan motor 4-tak yang juga sudah banyak tersebar luas di seluruh Indonesia.

Hanya saja dibalik beberapa kelebihan yang tersedia di dalamnya, motor dengan mesin 2-tak ini sendiri juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangannya diantaranya adalah:

  • Motor dengan mesin 2-tak ini terbilang lebih boros bahan bakar yang akan digunakan. Hal ini karena adanya sistem pembakaran yang hanya dilakukan 2 langkah. Sehingga, mesin lebih membutuhkan asupan BBM yang jauh lebih banyak. Selain itu, mesin 2-tak ini sendiri juga memiliki suara yang lebih bising dibandingkan dengan jenis motor lainnya.
  • Adanya kebisingan yang ditimbulkan pada jenis motor ini sendiri membuat beberapa pecinta sepeda motor dengan mesin 2-tak ini sendiri dibuatkan sebuah surat larangan motor yang dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan. Surat yang dibuat ini melarang keras motor dengan mesin 2-tak untuk lewat jalanan perkotaan.

Apabila surat tersebut benar-benar valid bahkan sudah diberlakukan di Indonesia, maka sudah bias dipastikan akan ada banyak motor legendaris yang juga akan menghilang dari perkotaan. Padahal, untuk performanya sendiri sudah terbilang cukup mengerikan, bahkan di jalanan perkotaan sekalipun.

Beberapa Jenis Motor 2 Tak yang Dilarang Digunakan oleh Pemerintah

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Meskipun sudah ada banyak bengkel seperti HMTC Surabaya yang ikut membantu beberapa orang untuk memperbaiki motor dengan mesin 2-tak yang dimiliki, hanya saja banyak orang yang masih merasa kecewa dengan adanya peraturan tersebut. Adapun beberapa jenis motor dengan mesin 2-tak yang dilarang digunakan di perkotaan oleh pemerintah. Beberapa diantaranya adalah:

  • Kawasaki Ninja 150 Super KIPS

Jenis motor ini terbilang cukup legendaris karena motor ini memiliki sistem gas buang yang akan memanfaatkan buka tutup katup dengan tujuan untuk meminimalisir gas buang. Teknologi ini nantinya juga bisa berpengaruh pada performa motor. Perputaran mesin ini lebih bertenaga dan juga dinilai lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.

  • Honda NSR 150

Motor legendaris berikutnya adalah Honda NSR 150. Jenis motor ini bahkan didatangkan secara langsung dari Thailand. Sehingga untuk harganya sendiri juga terbilang cukup mahal di kelasnya. Bahkan terdapat beberapa fitur yang masih belum dimiliki motor lainnya pada era pertengahan 1990-an.

Selain beberapa jenis motor dengan mesin 2-tak yang sudah disebutkan di atas, masih ada cukup banyak jenis motor 2 tak lainnya yang mungkin tidak diperbolehkan untuk beroperasi di jalan besar. Baik itu motor RX King dan berbagai jenis motor lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *