Sudah Tahu Tentang Pengertian Al Quran ? Cari Tahu Yuk

Al Quran merupakan sebuah kitab suci yang dimana di dalamnya mengatur segala hal yang dianjurkan ataupun dilarang oleh Allah SWT. Selain itu, Al Quran sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting di dalam kehidupan kita sehari hari. Sehingga nantinya hidup anda pun menjadi lebih teratur jika memahami dan mengamalkan apa yang diajarkan di dalam Al Quran. Untuk itu, kali ini akan diulas mengenai apa itu pengertian Al Quran dan juga segala fungsi fungsinya. Berikut simak ulasannya.

Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Kitab Suci Umat Islam

  1. Sekilas Mengenai Al Quran

Al Quran menurut bahasa merupakan sesuatu ataupun bacaan yang dibaca secara berulang ulang. Sedangkan untuk pengertian dari Al Quran menurut terminologi adalah yakni memiliki arti berupa firman dari Allah SWT yang diturunkan melalui hanya kepada nabi Muhammad SAW. Dengan diturunkannya Al Quran ini merupakan salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Rasullah SAW dan disampaikan dengan jalan muttawattir.

Turunnya Al Quran kepada nabi Muhammad SAW ini pun berdasarkan perantara dari malaikat Jibril. Selain itu, untuk pengertian Al Quran menurut syariat islam adalah dimana anda membaca Al Quran ini dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk ibadah yang bisa anda lakukan terhadap Allah SWT.

Dikatakan bahwa menurut seorang yang ahli yang bernama Muhammad Ali ash-Shabuni, Al Quran merupakan firman dari Allah SWT yang merupakan firman yang tidak ada tandingannya dengan apapun. Firman yang diturunkan kepada Rasullullah SAW ini disampaikan melalui perantara dari malaikat Jibril dan kemudian ditulis kepada para mushaf yang nantinya akan disampaikan untuk semua umat nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

pixabay.com13
  1. Fungsi Dari Al Quran

Setelah mengetahui sekilas mengenai pengertian Al Quran, maka saat ini pun anda bisa dengan mempelajari fungsi dari Al Quran. Untuk itu di pesantren tahfidz Quran putri yakni Ummu Habibah pun juga mempelajari fungsi dari Al Quran dan juga pengertian dari alquran yang selanjutnya agar bisa diamalkan di dalam kehidupan nyata.

Dengan adanya Al Quran ini menjadi salah satu mukjizat dari Nabi Muhammad SAW yang sekaligus juga menjadi firman yang diturunkan oleh Allah. Al Quran pun juga mempunyai fungsi yakni sebagai peringatan dan pelajaran untuk manusia. Di dalam Al Quran sendiri pun juga sering kali dikatakan tentang kisah dari para nabi dan juga umat yang terdahulu.

Kisah tersebut merupakan umat yang melaksakan perintah Allah SWT dengan baik dan juga umat yang membangkang perintah dari Allah SWT tersebut. Untuk itu, dengan adanya Al Quran diharapkan dapat berfungsi sebagai salah satu pembelajaran untuk umat manusia sehingga nantinya anda pun bisa mengambil hikmah atas apa yang telah terjadi dari berbagai kisah yang telah diceritakan oleh Al Quran tersebut.

Selain itu, berdasarkan pengertian Al Quran yang telah dibahas sebelumnya, dikatakan bahwa Al Quran merupakan firman dari Allah SWT. Untuk itu, hal ini pun dapat dikatakan jika fungsi Al Quran adalah sebagai sumber pokok dari ajaran agama Islam. Perihal hal tersebut pun juga telah diyakini dan juga telah diakui kebenarannya oleh hukum Islam. Ada beragam ajaran di dalam Al Quran yang bisa anda jadukan pokok dari ajaran islam.

Hal ini dikarenakan di dalam Al Quran juga membahas tentang hal yang berkaitan tentang kemanusian, mulai dari tentang hukum dalam islam, ekonomi, ilmu pengetahuan tentang islam dan juga tentang ibadah. Selain itu, di dalam Al Quran telah diatur segala jenis larangan yang tidak diperbolehkan untuk kesehatan. Seperti memakan makanan yang haram dan sebagainya karena akan mengganggu masalah kesehatan di dalam tubuh anda.

Selain itu, kitab suci Al Quran merupakan sebuah petunjuk bagi manusia. Hal ini pun ditekankan dan diperjelas di dalam Surat Al Baqarah yakni ayat 185. Tak hanya itu saja, hal ini pun juga diterangkan di dalam Surat Al Fusilat ayat 44, dimana dikatakan bahwa kitab suci Al Quran merupakan sesuatu yang diturunkan kepada manusia yang ditujukan sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Sebagaimana dijelaskan pada pengertian Al Quran yang merupakan salah satu mukjizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad, turunnya Al Quran tersebut juga merupakan sebuah wahyu dari Allah yang berfungsi sebagai pedoman hidup bagi umat muslim di dunia. Untuk itu, hal ini pun juga sebagai penyempurnaan bagi kitab kitab yang turun sebelum Al Quran. Selain itu, Al Quran pun mempunyai nilai yang abadi dikarenakan tidak dapat diubah isinya dari dulu hingga nanti.

Di dalam Al Quran pun mengandung banyak ayat ayat yang menjelaskan bahwa Al Quran memang sebuah kitab suci yang turun berdasarkan firman dari Allah SWT. Untuk itu, tidaklah mungkin jika Al Quran merupakan ciptaan dari Nabi Muhammad SAW sendiri, apalagi merupakan ciptaan umat manusia, maka hal tersebut sangatlah tidak benar.

pixabay.com
  1. Kedudukan Al Quran Sebagai Sumber Hukum Islam

Al Quran sendiri pun juga dijadikan sebagai sumber hukum dari umat islam. Karena di dalam Al Quran telah diatur apa apa saja yang diperbolehkan dan juga apa saja yang dilarang oleh Islam. Al Quran sendiri merupakan sumber hukum dari segala hukum yang ada di bumi ini. Hal itu pun diungkapkan di dalam surat An Nisa ayat 59, dimana di dalam ayat tersebut dikatakan bahwa Al Quran merupakan sumber hukum islam yang paling utama.

Selain itu, kitab suci yang menurut pengertian Al Quran merupakan firman yang datang dari Allah SWT ini juga merupakan pedoman hidup dan juga merupakan petunjuk dari umat manusia yang ada di bumi. Serta kebenaran dari Al Quran ini tidak diragukan lagi kebenarannya. Untuk itu, sebagai seorang muslim anda pun tentunya juga harus berpegang teguh kepada Al Quran ini.

Untuk itu, berdasarkan pengertian dan juga fungsi dari Al Quran tersebut maka anda pun nantinya diharapkan untuk mampu mengamalkannya di dalam kehidupan sehari hari. Hal ini dikarenakan Al Quran merupakan kitab suci yang tidak akan pernah menyesatkan anda, jika anda memang yakin dan berpegang teguh kepada Al Quran.

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *