Pengertian Tanah menurut 3 Disiplin Keilmuan

Pengertian tanah ternyata bukan sesederhana yang biasa kita artikan pada umumnya. Dari artikel berikut kami akan coba rangkumkan list. Yang mana di dalamnya mengandung definisi tanah dari berbagai disiplin ilmu sebagai berikut.

Pengertian Tanah menurut Disiplin Keilmuan

Geologi

Pengertian tanah menurut disiplin keilmuan geologis merupakan suatu lapisan bumi yang berasal dari pelapukan bebatuan. Dalam jangka waktu amat panjang bebatuan tersebut melewati berbagai fenomena alam yang mengubahnya jadi partikel halus.

Pedologi

Pengertian tanah menurut keilmuan pedologi atau ilmu alam murni maka disebut sebagai bahan padat dengan kandungan organik maupun juga mineral yang berada pada permukaan bumi. Bahan tersebut akan terus berubah menyesuaikan sekitaran.

Edaphologi

Pengertian tanah menurut pendekatan edaphologi maupun juga ilmu pertanian, disebut sebagai sebuah lahan media yang bisa difungsikan secara optimal sebagai tempat tumbuh kembang berbagai jenis tanaman.

Demikianlah beberapa rangkuman dari pengertian tanah jika ditilik dari 3 disiplin keilmuan yang berbeda. Dari sana kita bisa ambil kesimpulan mengenai pendefinisian tanah secara jauh lebih lengkap menyeluruh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *