Inilah Penyebab Hp Bootloop Dan Cara Mengatasinya!

Penyebab hp bootloop itu bervariasi. Terkadang, kondisi ini tidak disadari. Tahu-tahu, hp mengalami masalah sehingga penggunanya kebingungan untuk mengatasinya.

Asumsinya adalah hp sudah rusak parah. Mau service takut biayanya mahal. Mau dijualpun sayang. Karena biasanya harganya akan jatuh sehingga kadang pilihan utamanya adalah menyimpannya sebagai benda usang.

Sebenarnya, jika Anda mengetahui informasinya, Anda masih bisa menyelamatkan hp kesayangan Anda. Kerusakan sistem ini masih bisa ditangani. Asal kejadian tersebut tidak terjadi berulang-ulang.

Kalau sudah terjadi berulang-ulang, kami sarankan untuk menjualnya setelah selesai diperbaiki. Kenapa? Karena kemungkinan besar hardware akan bermasalah.

Tetapi jika baru sekali, Anda masih bisa menyimpannya. Kemudian lakukan perbaikan sendiri dengan bekal informasi yang disampaikan di sini. Atau, Anda juga bisa menengok caranya di videomax.co.

Kenapa Hp Mengalami Bootloop?

pexels.com

Perlu disadari bahwa bootloop adalah suatu kondisi dimana android tidak bisa memasuki sistem utama. Maksudnya, android gagal terbuka ke menu utama setelah dinyalakan. Dan kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Dalvik Cache Belum Terhapus Saat Flashing Custom Rom

Custom ROM bisa diartikan mensoftware kembali android dengan software yang baru. Software yang digunakan bukan dari rilisan resmi pabrikan smartphone. Melainkan berasal dari developer.

Keberadaannya dinilai akan mempertinggi kualitas smartphone. Misalnya smrtphone dengan OS A bisa dirubah menjadi OS B. Tujuannya untuk memberikan pengalaman baru bagi pengguna dengan sistem operasi yang terbaru.

Masalahnya, kadang firmware yang digunkana tidak compatible. Atau, mungkin sudah benar, tapi software lama di android masih tersimpan. Hal ini menyebabkan ruang terasa lebih sempit, kemudian menyebabkan masalah bootloop.

  1. Menginstal MOD

Penyebab hp bootloop yang selanjutnya adalah melakukan penginstalan Mod. Mods sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bisa diunduh langsung di playstore. Kegunaannya untuk mempercepat kinerja ponsel pintar.

Yang menjadi masalah adalah bila Mods ini tidak kompatibel. Resikonya adalah terjadi bootloop. Begitu juga jika penggunanya tidak bisa menyusun mod yang rapi. Kondisi inilah yang akan menjadi biang masalah.

Ciri Utama Hp Mengalami Bootloop

Secara umum, bootloop dipahami sebagai adanya kerusakan pada sistem. Kerusakan ini bisa diawali dengan melambatnya kinerja smartphone. Kemudian kondisinya meningkat dengan sering restart, sampai tidak bisa memasuki halaman utama saat dinyalakan.

Ada beberapa tanda yang bisa dikenali pengguna ketika ponsel mengalami bootloop. Tanda yang paling jelas adalah smartphone hanya menampilkan logo saja tanpa berpindah ke halaman utama. Meskipun sudah dinyalakan berkali-kali, sistem hanya berjalan sampai posisi itu saja.

Itu menjadi tanda bahwa smartphone sudah saatnya diperbaiki. Tapi gejala awalnya biasanya ditandai dengan mati atau restart sendiri. Baru kemudian smartphone hanya menampilkan logo saja.

Ketika dimatikan dan dinyalakan kembali, smartphone masih mandek di logo tersebut. Bahkan bila sedang discharge, logo inilah yang muncul. Jika sudah seperti ini, wajib bagi Anda untuk memperbaikinya.

Cara Menangani Masalah Bootloop

pexels.com

Ketika terjadi bootloop, Anda tidak perlu panik terlebih dahulu. Anda masih bisa memberikan pertolongan pertama. Yakni dengan menghapus dalvik cachenya. Bagaimana caranya?

Langkahnya dimulai dengan mematikan smartphone. Anda bisa menekan tombol power sampai benar-benar mati. Setelah itu, nyalakan dengan menekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan. Kebanyakan jenis hp menggunakan cara tersebut untuk memasuki mode recovery data.

Di dalam sini terdapat berbagai pilihan menu. Silahkan tekan menu advanced. Kemudian pilih Wipe dalvik cache. Setelah itu buka menu Mounts & Storage.

Dari sini, Anda akan menjumpai menu wipe/cache. Tekan reboot, dan tunggu proses reboot selesai. Maka smartphone akan kembali seperti semula.

Bagaimana jika hasilnya nihil? Mau tidak mau, Anda perlu install ulang. Cara ini tidak kami jelaskan di sini. Hanya kami berikan gambaran sederhana mengenai apa yang sebaiknya dilakukan oleh pengguna.

Yang Anda butuhkan secara pasti adalah software sistem yang sesuai dengan jenis hp Anda. Software inilah yang akan diinstal ke dalam smartphone. Untuk bisa melakukannya, Anda membutuhkan PC atau Laptop.

Download terlebih dahulu softwarenya, kemudian masukkan atau install langsung dari PC. Biasanya, ada perintah untuk penghapusan seluruh data. Perintah ini nantinya akan menghapus seluruh data yang terdapat di dalam smartphone.

Menyadari akan hal ini, sebaiknya Anda melakukan back up terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan hapus datanya. Kemudian install menggunakan software baru tersebut.

Dengan menginstal ulang, smartphone Anda akan kembali seperti ketika baru dipakai. Tampilannya masih bersih, dan Anda perlu menginstall beberapa apl yang dibutuhkan. Itulah kurang lebih informasi tentang penyebab hp bootloop dan cara menanganinya secara sederhana.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *