Pulau di Provinsi Papua

Papua merupakan sebuah provinsi yang terletak diujung timur Indonesia. Papua berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Papua Nugini. Provinsi Papua telah beberapa kali ganti nama yakni pada masa pemerintahan presiden Soeharto diganti menjadi Irian Jaya sebelum akhirnya pada masa pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid diganti kembali menjadi Papua.

Keberagaman Provinsi Papua

Provinsi Papua pada awalnya menjadi satu provinsi utuh sebelum akhirnya pada tahun 2004 dibagi menjadi dua provinsi yakni provinsi Papua dan provinsi Papua Barat. Papua sendiri memiliki luas wilayah sekitar 420.540 km dengan curah hujan 1.800 3.000 mm dengan suhu 19-28 C dan kelembaban 80% .

Papua merupakan daerah yang memiliki keragaman yang unik. Dimana suku asli di Papua sendiri terdiri dari 255 suku dengan bahasa yang berebda-beda. Beberapa suku yang mendiami Papua diantaranya Suku Ansus, Suku Amungme, Suku Asmat, Suku Ayamaru yang mendiami daerah Sorong, Suku Bauzi, Suku Biak, Suku Dani, Suku Empur yang mendiami daerah Kebar dan Amberbaken, Suku Hatam yang mendiami daerah Ransiki dan Oransbari, Suku Iha, Suku Komoro, Suku Mee yang mendiami daerah pegungungan Paniai, Suku Meyakh yang mendiami Kota Manokwari, Suku Moskona yang mendiami daerah Medei, dan masih banyak yang lainnya.

Pulau di Provinsi Papua

Papua merupakan daerah yang mayoritas meliputi daerah dataran tinggi. Provinsi Papua sendiri terdiri dari beberapa pulau yang cukup banyak mulai dari Pulau Nau, Pulau Ayami, Pulau Miosfuar, Pulau Imsomfari, Pulau Inwansundi, Pulau Menyusfuf, Pulau Miosarwai, Pulau Miosbekarna Beba, Pulau Besafer, Pulau Miosdosori, Pulau Miospisan, Pulau Nerimios, Pulau Abum, Pulau Arpos, Pulau Bionsfori, dan masih banyak yang lainnya.

Hingga saat ini Papua memiliki perkembangan yang cukup pesat baik dari segi sarana prasarana maupun dari segi perekonomian. Papua menjadi salah satu daerah yang memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah mulai dari tambah, perhutanan, hingga bagian laut Papua pun terkenal dengan kekayaan alam bawah laut yang sangat luar biasa. Papua juga memiliki banyak sekali jenis flora dan fauna yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah burung cendrawasih yang memiliki keindahan luar biasa yang hingga saat ini menjadi salah satu ikon dari Papua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *