Yuk Mengenal Pulau Raja Ampat, Surga Tersembunyinya Indonesia

Berbicara tentang Papua pasti tidak lepas dengan keindahan Raja Ampat, sebuah destinasi wisata yang terkenal pesona alamnya. Namanya bahkan sudah mendunia, dan sering dijuluki pulau surga di Indonesia. Jika digambarkan pulau Raja Ampat adalah lautan lepas, dengan pulau-pulau karang yang tersusun sangat rapih. Menampilkan landscape keindahan yang melekat dalam memori, dan menambah perasaan bahagia bagi siapapun yang melihatnya. Anda akan dibawa menuju indahnya surga dunia.

Lebih Dekat dengan Raja Ampat

Secara geografis Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten, yang letaknya berada di Provinsi Papua Barat. Untuk mencapai ke pulau ini anda harus menginjakkan kaki di kota Sorong terlebih dahulu. Biasanya para wisatawan menggunakan pesawat terbang untuk sampai ke kota ini. Setelah sampai di kota Sorong anda menuju ke pelabuhan, untuk menyebrang menuju pulau Waisai ibukota kabupaten Raja Ampat. Anda bisa menggunakan sejenis kapal cepat, yang berlayar setiap dua kali sehari.

Perjalanan laut anda akan memakan waktu sekitar 2-3 jam dari pelabuhan Sorong, hingga sampai di pelabuhan Waisai. Sesampainya disana anda langsung disuguhkan dengan kepulauan yang terbentuk dari batuan karang. Kumpulan batuan karang inilah yang membentuk sebuah pulau, dan tersebar luas di seluruh wilayah. Namun hanya ada empat pulau utama yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Pulau Misool. Keempatnya merupakan titik penyebaran penduduk pulau Raja Ampat.

Wilayah perairan yang luas adalah daya tarik utama pulau ini, mengingat Raja Ampat merupakan 10 perairan terbaik di seluruh dunia. Hal ini didasarkan karena banyaknya temuan kekayaan flora dan fauna, serta kelestarian alam laut yang jarang dimiliki perairan lainnya. Bahkan anda bisa menemukan sekitar 75% spesies laut yang ada di dunia, dan 540 jenis karang serta ribuan biota laut lainnya. Maka tidak heran apabila banyak penyelam yang mengagumi keindahan bawah laut Raja Ampat.

stocksnap.io

Surga Dunia di Ujung Papua

Menilik dari ragam komentar tentang Raja Ampat, akan terbayang sebuah lukisan elok tentang indahnya laut. Gambaran sebuah lautan lepas dengan pulau-pulau yang tersusun rapih. Dihiasi langit biru dan udara segar yang bertiup, menjamin kesejukan alami khas hutan hujan tropis yang hijau. Riak ombak yang bergulung memecah batu karang di sekelilingnya, belum lagi air yang menyisir setiap pasir putih di tepian pantai. Diiringi suara burung camar menambah pemandangan yang semakin menajubkan.

Deskripsi tentang Raja Ampat bukanlah sebuah ilusi, semua yang sering dibicarakan para pengunjung adalah kenyataan yang benar-benar ada. Kepulauan yang berada di ujung barat Papua ini memang surga yang tersembunyi. Para wisatawan menjulukinya sebagai ‘tambang emas’ miliki Indonesia. Bahkan para penggila petualang selalu berdecak kagum dengan kecantikan Raja Ampat. Tidak heran mereka selalu berkeinginan menjadi saksi primadona pulau Papua ini.

Para penyelam baik dalam negeri maupun luar negeri juga mengklaim, bahwa lautan Raja Ampat tiada duanya. Untuk menggambarkan betapa elok pulau Raja Ampat pun mereka tidak sanggup, sulit diungkapkan dalam kata-kata. Setiap hari pengunjung silih berganti mereka terlalu penasaran, dan ingin membuktikan secara langsung betapa mempesonanya surga Papua Barat ini. Mereka terobsesi ingin menikmati ‘sang mutiara’ dari ujung Papua.

Tidak selesai dengan kekayaan bawah lautnya saja, Raja Ampat juga memiliki hal menarik diatas permukaan lautannya. Banyak sekali pantai-pantai cantik yang tersebar di seluruh kepulauan. Kebanyakan pantai dengan hamparan pasir putih, dan memiliki kehalusan seperti tepung saat disentuh. Belum lagi pulau-pulau yang membentuk layaknya deretan tebing tinggi. Menambah kesan angkuh dari panorama wisata yang disuguhkan. Bahkan pulau Wayag dan Piaynemo sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Karena Indonesia merupakan negara tropis, maka disekeliling pulau Raja Ampat pun penuh hutan-hutan yang tidak kalah menarik. Seperti desa Sawinggrai dan desa Saporkrein yang dapat melihat burung Cenderawasih dari dekat, hal tersebut hanya bisa dilakukan saat berkunjung ke Raja Ampat. Kapan lagi bisa menyentuh secara langsung burung langka dan cantik ini, yang sering disebut sebagai burung surga dari Papua.

Kekayaan Budaya yang Melekat Erat

Tidak cukup membicarakan kekayaan alam saja, Raja Ampat juga memiliki berbagai kebudayaan yang sangat unik. Di beberapa desa masih menjunjung tinggi adat istiadat, yang sudah ada sejak jaman nenek moyang mereka. Dan di beberapa kesempatan pengunjung bisa menikmati segala bentuk kesenian, yang sengaja dipertontonkan kepada wisatawan. Sebagai bentuk bahwa Raja Ampat melestarikan budaya leluhur dengan baik.

Salah satu desa yang paling populer ialah Desa Arborek, yang dikukuhkan oleh masyarakat setempat sebagai desa wisata. Desa ini memiliki banyak sekali kesenian, mulai dari tari-tarian, makanan tradisional hingga kerajinan tangan. Semua ciri khas ini sudah diturunkan secara turun-temurun, dan masyarakat mendapat mandat untuk terus menjaganya. Tidak hanya Desa Arborek saja, desa-desa lainnya pun juga memiliki keunikan tersendiri.

stocksnap.io

Perpaduan Keindahan Alam dan Nilai Sejarah

Banyak orang belum tahu bahwa pulau Raja Ampat merupakan peninggalan sejarah yang melegenda. Karena dulunya Kepulauan ini memiliki ikatan dengan Kesultanan Tidore dari Maluku. Oleh sebab itu sebagian penduduknya masih ada keturunan Raja Tidore Maluku. Tidak hanya itu beberapa tempat mempunyai cerita sejarah saat terjadi perang dunia II. Hal ini menjadi keunikan yang tidak ada habisnya apabila dibahas mendetail. Jadi wisatawan juga bisa mengenal perjalanan sejarah di Raja Ampat.

Pepaduan antara kekayaan alam dan sejarah pulau Raja Ampat ini sangat apik. Sehingga membuat dunia selalu berdecak kagum. Kini Raja Ampat dinobatkan sebagai tujuan wisata yang dicari oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Sejauh ini masih menjadi daftar kunjungan utama saat liburan akhir tahun. Bahkan beberapa resor sekitar pulau sudah di booking jauh-jauh hari. Dan dipastikan wisatawan membludak setiap musim liburan.

Hal yang perlu diingat saat mengunjungi Raja Ampat ialah menjaga kelestarian alamnya. Mereka berorientasi pada warisan leluhur yang perlu dijaga keindahannya. Supaya bisa terus dinikmati hingga generasi-generasi berikutnya. Wisatawan mau tidak mau harus menjaga kebersihan alam, boleh bersenang-senang asal tetap pada koridor untuk tidak merusak alam. Untuk mengetahui lebih detail tentang perjalanan ke Raja Ampat, anda bisa mengunjungi paket wisata supaya liburan semakin menyenangkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *