Suka Makan? Ikuti Resep Seblak yang Dijamin Mudah dan Enak

Jika Anda orang yang suka banget wisata kuliner, Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan Seblak yang super pedas ini. Ya, makanan ini memiliki rasa pedas yang akan membuat lidah Anda ingin makan dan makan. Bahan utama dalam resep Seblak adalah kerupuk bisa kerupuk bawang maupun udang. Biasanya bahan itu masih dicampur dengan bahan lain yang menambah kelezatannya.

Cara membuat Seblak di rumah sangatlah mudah jika Anda mengetahui prosedur pembuatannya. Jika Anda ingin membuat Seblak dengan isi komplit, Anda bisa menambahkan sosis, bakso, ceker, telur dan beberapa bahan lain yang Anda suka. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini!

Resep Seblak Paling Mudah untuk Dibuat di Rumah

Menyiapkan Bahan Isian Seblak

Seblak adalah salah satu makanan populer di Bandung. Di sana, ada berbagai macam bahan yang dipakai dalam resep Seblak, mulai dari kerupuk hingga makaroni. Namun, jika Anda ingin membuat Seblak yang sederhana, Anda bisa menggunakan kerupuk bawang yang berukuran kecil sebanyak 0.3 kg.

Selanjutnya, siapkan daun bawang segar sekitar 1 batang lalu iris. Siapkan juga bahan lainnya sepertiĀ  telur ayam 1 butir atau sesuai selera, sosis ayam siap pakai sesuai selera, air bersih (350 ml), penyedap rasa, dan minyak goreng secukupnya.

pickupimage.com

Menyiapkan Bahan dari Bumbu Seblak

Sebelum memasak Seblak, Anda juga perlu mempersiapkan bahan untuk bumbu Seblak. Apa saja itu? Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah bawang putih kurang lebih 1 siung, bawang merah besar sebanyak 2 butir, 1 kencur ukuran sedang, buah cabai merah keriting sesuai selera, cabai rawit setan 4 sampai 6 pcs, garam dapur sesuai selera.

Membuat Seblak

Untuk membuat resep seblak, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah merendam kerupuk dengan air panas kurang lebih selama 6 hingga 10 menit. Agar tidak terlalu lama menunggu, Anda bisa sambil mengulek atau menghaluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika sudah selesai menghaluskan bumbu, panaskan minyak sedikit saja untuk menumis bumbu-bumbu yang halus itu. Tumis hingga aromanya tercium wangi, lalu tuangkan air bersih ke dalam wajan, aduk hingga mendidih. Setelah itu, masukkan kerupuk yang sudah direndam. Lalu, tambahkan penyedap rasa dan kocokan telur, kemudian aduk hingga tercampur.

Jika sudah tercampur semua, tambahkan potongan sosisnya lalu aduk dan masak hingga matang. Sebelum mematikan kompor, cicipi kuahnya dahulu apakah sudah sesuai atau belum. Jika rasanya kurang nikmat, tambahkan penyedap rasa sesuai selera. Sekarang Seblak sudah bisa Anda nikmati dengan taburan daun bawang di atasnya.

pickupimage.com

Campuran Bahan yang Enak untuk Isian Resep Seblak

Ceker Ayam

Ceker ayam adalah bagian daging ayam yang cukup banyak digemari. Ceker bisa dipadukan dengan Seblak setelah direbus sampai lunak. Rasa yang akan muncul tentu akan sangat lezat, terlebih jika memasaknya hingga lembut. Wah, pasti Anda akan terus ketagihan makan dengan adanya ceker ini.

Sosis

Selanjutnya, sosis bisa dijadikan paduan dalam pembuatan Seblak. Untuk menambahkannya, potong terlebih dahulu sosisnya. Untuk rasanya sesuai selera, jika Anda suka rasa ayam Anda bisa memilihnya. Jika Anda lebih suka rasa sapi, Anda juga bisa mencampurkannya.

Bakso

Selain menjadi bahan campuran Mie Ayam, ternyata bakso juga sangat cocok untuk dijadikan campuran Seblak. Untuk mencampurkannya, Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian dan memasukkan ke dalam wajan bersamaan dengan dimasukkannya kerupuk.

Sayur Sawi atau Kangkung

Apakah Anda seorang vegetarian? Jika benar, maka Anda dapat menggunakan sawi atau kangkung sebagai campuran Seblak. Agar rasanya enak, sebaiknya Anda memilih sayuran yang masih segar. Jadi, selain rasa kerupuk yang kenyal, Anda juga akan merasakan kesegaran dari sayuran yang Anda campurkan.

Mie atau Makaroni

Mie dan makaroni ini bisa Anda pilih sebagai bahan campuran Seblak jika Anda memiliki bujet yang minim. Bagaimana dengan rasanya? Rasanya tentu nikmat seperti memakan mie rebus yang pedas yang dicampur dengan kenyalnya kerupuk. Wah, sepertinya patut dicoba ya karena pembuatannya sangat mudah sekali.

Demikian tips berbagi resep Seblak yang dapat Anda coba di rumah. Sangat mudah dan praktis bukan? Untuk menikmati makanan yang satu ini, usahakan masih dalam keadaan panas. Sedangkan waktu yang tepat untuk menyantapnya adalah di sore atau malam hari, cocok untuk menghangatkan tubuh Anda. Selamat mencoba tips berbagi di atas di rumah ya!

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *