Tak Hanya Udang, Ayo Berburu Kuliner Khas Kabupaten Cirebon

Selain sektor wisata, hal yang menarik dari sebuah daerah adalah kuliner khasnya. Cirebon memiliki banyak wisata kuliner yang mengunggah selera. Meskipun terkenal dengan udangnya, nyatanya kuliner yang dimiliki Kabupaten Cirebon juga bervariasi. Bagi anda pemburu kuliner tidak ada salahnya untuk mengunjungi cirebon dan mencoba kulinernya. Lebih detailnya simak ulasan mengenai kuliner khas Cirebon berikut.

Mengintip Kuliner Khas Cirebon Yang Menggugah  Selera

  1. Empal Gentong

Mungkin sudah banyak yang mendengar makanan Empal Gentong, bahkan saat ini banyak ditemui di beberapa kota di Indonesia. Namun tahukah anda jika makanan ini berasal dari Cirebon? Dinamakan empal gentong karena semua makanan disajikan dengan kuali yang mengunakan tanah liat. Empal Gentong berbahan dasar daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Harga kuliner ini berkisar diatas Rp. 15.000.

  1. Nasi Lengko

Masyarakat Indonesia memang masih berprinsip jika belum makan nasi maka belum makan. Hal inilah yang membuat olahan nasi banyak ditemui di Indonesia. Cirebon memiliki nasi Jamblang yang lebih dulu populer. Nasi Lengko dianggap sebagai kuliner yang lebih sehat, karena mengunakan beragam sayuran di dalamnya. Rasa gurihnya diperoleh dari siraman sambal kacang. Yups, nasi Lengko adalah pecelnya orang Cirebon.

  1. Tahu Gejrot

Jajanan satu ini sudah banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Biasanya dijual oleh pedagang keliling atau berada di menu rumah makan pada jajaran snack. Kuliner kabupaten Cirebon satu ini memang lebih cocok untuk disebut sebagai camilan. Pasalnya tahu goreng yang endes akan disiram dengan bumbu yang berasal dari gula merah, cabe, bawang merah dan bawang putih. Namun tidak ada salahnya mencoba di kota asalnya bukan?

  1. Kerupuk Melarat

Satu lagi jajanan yang bisa diburu ketika anda sedang mengunjungi Cirebon. Kerepuk Melarat, dari namanya saja sudah unik. Kerupuk ini biasanya digunakan sebagai sebagai oleh oleh khas kota Cirebon. Kerupuk ini sangat pas jika dimakan dengan saus kacang yang sedikit pedas. Harganya yang terjangkau bisa membuat anda bisa memborong jajanan ini sebagai oleh oleh.

Cirebon tak hanya miliki keraton kasunanan yang eksis hingga saat ini, namun juga memiliki makanan khas yang bisa anda jadikan destinasi kulineran anda. Masih banyak yang bisa anda buru ketika datang ke Cirebon. Beberapa makanan memang mudah untuk didapatkan, namun jika anda inginkan rasa yang enak sebaiknya mengunjungi rumah makan yang sudah terekomendasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *