Tampak Sepele, 4 Penyebab Mata Ikan Yang Tak Banyak Disadari

penyakit yang terkadang muncul dan tidak disadari penyebabnya. Terlebih jika penyakit tersebut penyakit ringan yang tak membutuhkan pengobatan berat. Kendati demikan penyakit tetap akan memberikan rasa sakit jika tidak ditangani dengan baik. Penyakit ringan yang kerap dialami namun tak disadari penyebabnya adalah mata ikan. Penyakit ini sering sekali muncul di kaki, yuk intip penyebabnya pada ulasan berikut.

Penyebab Benjolan Kecil Yang Disebut Dengan Clavus

  1. Tidak Memakai Kaos Kaki

Bagian tubuh yang kerap kali ditumbuhi oleh Clavus adalah bagian kaki. Sering memakai sepatu tanpa mengunakan kaos kaki menjadi penyebab utama adanya Clavus. Hal ini sering kali diabaikan begitu saja dan banyak orang yang tidak menyadari jika kebiasaan ini menyebabkan adanya benjolan kecil menyakitkan ini. Tidak memakai kaos kaki akan membuat kaki langsung mengalami gesekan dengan sepatu secara langsung.

Tidak hanya tidak memakai kaos kaki, ukuran kaos kaki yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan adanya clavus. Sebaiknya setelah ini anda memperhatikan pengunaan kaos kaki dan memakainya secara rutin. Apalagi jika aktivitas anda berat dan kaki lebih banyak gesekan dengan sepatu. Maka mata ikan menjadi penyakit yang bisa mengintai anda kapan saja. Sehingga penting untuk memperhatikan hal yang satu ini.

  1. Memakai Sepatu Yang Tidak Nyaman

Sepatu tidak hanya sebagai pelindung kaki namun juga mendukung aktivitas harian. Sepatu yang tidak nyaman tidak hanya akan menyakiti namun juga berisiko terjadinya clavus pada kaki. Tidak nyaman disini diartikan untuk sepatu yang terlalu sempit dan juga sepatu yang terlalu besar. Sehingga sangat disarankan untuk memiliki sepatu yang nyaman dan pas untuk digunakan, agar kaki tidak bergesekan secara langsung dengan sepatu dan membuat clavus muncul.

  1. Merokok

Tidak hanya pengunaan sepatu dan kaos kaki saja yang bisa membuat clavus muncul. Bagi yang memiliki kebiasaan merokok juga bisa memiliki clavus pada tangan. Sebab para perokok tentu sering menyalakan pemantik api dan tangan bisa bergesekan secara langsung dengan pematiknya. Umumnya clavus akan muncul pada jempol karena jari inilah yang banyak terkena gesekan saat menyalakan pemantik sebelum anda merokok.

  1. Bergesekan Alat Terlalu Sering

Penyebab adanya mata ikan juga bisa terjadi apabila anda sering bersentuhan langsung dengan alat alat tertentu. Misalnya saja alat musik atau peralatan memasak yang membuat tangan bergesekan secara langsung dengan kulit. Gesekan gesekan tersebut membuat bagian kulit tangan tertentu mengalami penebalan dan akhirnya munculah clavus yang menyakitkan.

Jika clavus muncul pada bagian kaki atau tangan tentu saja akan menganggu aktivitas.  Sehingga penting bagi anda untuk menghindari hal hal yang menyebabkan terjadinya clavus. Meskipun ada banyak cara untuk mengobati penyakit ringan ini, namun alangkah lebih baik mencegah daripada mengobatinya bukan? Karena aktivitas yang terganggu lebih memusingkan dibandingkan dengan mencegahnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *