Tanda dan Gejala Kanker Paru-paru Yang Perlu Diketahui

Kanker paru-paru biasanya memiliki ciri khas berupa adanya pertumbuhan dari sel dengan tidak adanya kontrol pada jaringan paru-paru atau pada system pernafasan. Penyakit ini jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat akan mengakibatkan pertumbuhan dari sel kanker tersebut menyebar lebih luas hingga ke luar dari paru-paru. Proses tersebut dinamakan dengan metastasis dan berlangsung ke jaringan yang terdekat hingga menjalar ke seluruh bagian tubuh lain. Untuk itu, sebelum kanker tersebut menyebar sebaiknya setiap orang harus mengetahui mengenai gejala kanker paru-paru ini. Inilah beberapa gejala kanker paru-paru yang segera harus ditangani secara medis.

1. Batuk yang sulit disembuhkan

Penyakit yang satu ini memang sering dialami oleh semua orang. Namun, jika batuk sulit untuk sembuh sebaiknya segera periksakan dengan dokter kesayanganmu. Penyakit batuk memang sebuah penyakit yang bisa mengindikasikan sebuah penyakit baru. Jika batuk yang dialami semakin parah, ini bisa menjadi gejala dari kanker paru-paru. Akan lebih baik lagi jika paru-parumu diperiksa dengan X-ray.

2. Sesak napas ketika beraktivitas

Selain batuk, tanda lainnya adalah sesak napas. Hal ini terjadi karena adanya tumor yang tumbuh di paru-paru. Jika sesak napas sering dirasakan ketika beraktivitas normal, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Nyeri

Selain tanda yang ada pada paru-paru, kamu perlu waspada juga rasa gejala pada anggota tubuh yang lain. Untuk kanker paru-paru sendiri biasanya rasa nyeri akan terasa di bagian bahu, punggung, lengan dan leher. Parahnya, rasa nyeri ini justru semakin terasa ketika tubuh sedang beristirahat bahkan ketika akan tidur.

4. Sakit kepala

Sementara untuk bagian kepala, waspada jika terasa pusing pada kepala. Ini mengindikasikan bahwa tumor pada paru-paru menekan jaringan saraf yang menuju otak. Hal ini akan semakin parah jika kanker terus merambat ke bagian otak.

Demikianlah artikel mengenai gejala kanker paru-paru yang harus segera ditangani dengan baik. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu dalam memulai budaya hidup sehat. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *