Kisi-Kisi Tes Masuk STIN

beberapa orang, dunia intelijen ini serba rahasia. Jika Anda sering menonton film James Bond pastinya paham bahwa film-film mereka ini penuh akan rahasia, teka teki dan juga misteri yang pastinya harus dipecahkan oleh beberapa orang. Untuk mempelajari teka teki dengan logika yang tepat memang harus dilakukan dengan belajar di beberapa tempat maupun sekolah.

Namun, kendala yang saat ini dialami oleh banyak orang adalah minimnya sekolah intelijen yang tepat. Ditambah lagi dengan tenaga pendidik dan jaminan masa depan yang cerah pun bisa dibilang sulit untuk ditemukan. Namun, tidak perlu khawatir lagi bahwa di Indonesia ini sudah ada salah satu sekolah berkualitas yang bisa Anda jadikan tempat untuk belajar yaitu STIN.

Apa Itu STIN?

Apa itu STIN? STIN ini adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Tempat ini adalah salah satu tempat berupa perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan BIN atau Badan Intelijen Negara. Untuk lokasi kampus ini berada di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini didirikan berdasarkan sebuah ide dari Jenderal TNI (Purn) Dr. A. M. Hendropriyono 2002.

Kemudian, di tahun 2002 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia di tahun 2004 dan presiden pada saat itu adalah Megawati Soekarno Putri dan dimulailah dengan kuliah perdana. Ada banyak sarana dan fasilitas yang juga dibangun di tempat ini untuk membuat semua orang bisa sekolah dengan aman, nyaman dan pastinya senang untuk belajar akan hal-hal baru.

pxhere.com

Apa Tujuan Didirikan STIN?

Untuk tujuan berdirinya STIN ini tentunya ingin menyiapkan para mahasiswanya untuk menjadi seorang anggota masyarakat intelijen yang memiliki sebuah kemampuan akademik dan memiliki keahlian profesional. Jadi, para mahasiswa di tempat ini juga memiliki keahlian profesional dan dapat mengembangkan berbagai ilmu intelijen.

Baik beberapa ilmu intelijen yang bisa didapatkan diantaranya adalah ilmu pengetahuan, ilmu teknologi, ilmu seni, ilmu seni, dan lain sebagainya dalam bidang intelijen yang harus mampu digunakan untuk mempertahankan kesatuan Republik Indonesia.

Apa Fasilitas dan Sarana di STIN?

Sebelum mengetahui bagaimana cara dan apa saja tes masuk STIN, maka Anda wajib paham tentang fasilitas dan sarana apa saja yang ada di tempat ini. Apabila nantinya Anda kuliah dan belajar di tempat ini, maka fasilitas yang bisa Anda dapatkan diantaranya adalah:

  • Asrama Mahasiswa.

Anda tidak perlu bingung terutama bagi beberapa orang yang tinggal jauh dari tempat ini bahwa Anda sudah otomatis akan mendapatkan asrama. Untuk asrama yang akan diberikan pastinya bukan asrama sembarangan karena sudah dilengkapi dengan fasilitas yang akan membuat siapa saja mahasiswanya merasa aman dan nyaman.

pxhere.com
  • Adanya Gedung Serbaguna

Di sebuah kampus, gedung maupun ruangan pendukung pembelajaran memang sangat diperlukan. Sebab, hal ini akan mendukung kemajuan baik kampusnya sendiri maupun semua mahasiswa yang terlibat di dalamnya.

  • Adanya Fasilitas Olahraga

Kemudian, di kampus ini juga akan disediakan beberapa tempat yang bisa digunakan bagi Anda untuk berolahraga. Baik adanya lapangan tembak, pusat kebugaran, lapangan basket, lapangan tennis, lapangan sepak bola, lapangan futsal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana Cara dan Tes Masuk STIN?

Untuk tes masuk STIN ini wajib dipahami semua orang, apalagi mereka juga harus bersedia untuk:

  • Berminat untuk menjadi anggota PNS.
  • Lulus Ujian Nasional.
  • Masuk atau mendapatkan ranking 10 besar umum di sekolahnya. Kemudian harus memiliki nilai rata-rata 8 di buku rapor masing-masing baik dari kelas 10 sampai dengan kelas 12.
  • Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  • Calon mahasiswa wajib sehat fisik maupun psikis.
  • Untuk persyaratan tinggi badan bagi pria minimal 165 sedangkan bagi wanita 155 cm dengan berat badan ideal dan juga penampilan yang menarik.
  • Memiliki bakat maupun minat di bidang olahraga bela diri bahkan mampu untuk menggunakan komputer.
  • Bebas narkoba dengan memiliki surat keterangan dari Rumah Sakit dan POLRI, Rumah Sakit TNI, dan juga Rumah Sakit daerah setempat yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan surat keterangan tersebut.
pxhere.com

Untuk bimbel STIN yang biasanya disediakan dan diadakan oleh beberapa orang ini memberikan banyak informasi bagi siapa saja yang tertarik untuk sekolah dan menempuh pendidikan di tempat ini. Tes yang diadakan nantinya adalah tes psikotes, tes kesehatan jiwa, tes kesehatan, tes kesamaptaan, tes wawancara, tes kelayakan atau yang dikenal juga dengan tes pentukhir.

Untuk bisa masuk ke kampus terbaik ini, maka Anda wajib untuk belajar dan berdoa agar usaha yang akan dilakukan tidak sia-sia. Anda bisa mengikuti berbagai bimbel STIN dengan membaca seluruh kisi-kisi dan persyaratan masuk ke kampus ini. Akan ada banyak pesaing yang harus Anda hadapi ketika akan masuk di kampus ini.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *