Tips Lulus Ielts Mulai Dari Writing Sampai Dengan Speaking

Siapa sangka ternyata sekarang ini bahasa inggris begitu penting sekali dipelajari. Terlebih bagi anda yang kini berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Jika memang anda berencana melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Alangkah baiknya anda mempelajari tentang IELTS terlebih dahulu.

Dimana anda nantinya bisa memperoleh beasiswa jika lulus dalam tes tersebut. Sebetulnya banyak tips lulus ielts yang mampu anda tempuh. Menariknya IELTS ini banyak sekali kegunaannya. Mulai dari pendaftaran PhD yang nantinya dimintai menyusun sebuah proposal atau saat anda mendaftar master.

Tentunya saat melalui proses pendaftaran nantinya ada akan dihadapkan pada berbagai macam pertanyaan. Dimana anda memberikan jawaban menggunakan bahasa formal yang telah dipelajari pada IELTS.

Mungkin sekarang ini banyak diantara anda yang berencana mengikuti pelatihan kursus bahasa inggris terbaik. Dimana anda bisa memperoleh ilmu bahasa inggris lengkap hanya di Kampung Inggris.

Di sana sudah banyak tersedia lembaga kursus yang mampu membantu anda mempelajari bahasa inggris dengan baik dan lebih menyenangkan. Memang benar adanya jika kita terlalu serius dalam belajar maka ilmu yang diserap pun tergolong sulit dicerna.

Berbeda halnya apabila kita mempelajari bahasa inggris dengan tata cara menyenangkan pastinya semakin cepat terserap oleh otak kita. Inilah mengapa belajar dengan rutin melalui beragam soal mampu meningkatkan pengetahuan anda tentang bahasa inggris.

Pengertian tentang IELTS

Sumber Gambar: Pixabay.com

IELTS singkatannya International English Language Test System. Bisa jadi hal ini mirip sekali dengan sistem yang sengaja dirancang demi melakukan sebuah sertifikasi atas kemampuannya dalam bahasa inggris. Memang benar adanya jika IELTS ini sebetulnya mirip sekali dengan TOEFL.

Dimana keduanya ini telah terkenal di Indonesia. Kali ini IELTS telah hadir dalam dua jenis yakni general training maupun academic. General ini sengaja dirancang hanya untuk mereka yang berkeinginan melakukan migrasi ke English speaking Country bahkan bisa juga memenuhi kebutuhan training.

Sedangkan untuk academic sengaja dirancang demi memenuhi kebutuhan studi undergraduate maupun postgraduate level.

Anda bisa melalui tes IELTS dengan cara membiasakan diri membaca artikel bahasa inggris sebanyak mungkin. Memang sudah seharusnya anda mempersiapkan dengan matang semua hal.

Termasuk dalam belajar bahasa inggris hingga nantinya bisa lulus dalam tes IELTS. Apalagi biaya untuk ikuti tes tersebut tidaklah murah melainkan membutuhkan biaya cukup mahal.

Tips sukses lulus ikuti tes IELTS

Sumber Gambar: Pixabay.com

Kebanyakan dari mereka yang mengikuti ujian IELTS adalah mereka yang akan mendaftar dalam sebuah perusahaan maupun universitas. Dari sini anda harus mampu mengikuti semua tes dengan baik hingga akhirnya dinyatakan lulus.

Setidaknya dalam belajar tidak perlu mati-matian asalkan pelajaran yang ada bisa diserap dengan baik. Jika seseorang terlalu memaksa dalam menghafalkan semua aturan penulisan, ratusan definisi bahasa inggris maupun kosakatanya tentu saja otak hanya akan merasakan kebingungan. Inilah mengapa anda perlu belajar seperlunya asalnya bisa terserap oleh otak.

Tentunya ada berbagai macam materi yang sering diujikan dalam IELTS ini. Adapun beberapa materi yang tersedia meliputi listening, writing, reading bahkan juga speaking. Sudah seharusnya semua materi ini bisa anda kuasai dengan baik.

Dengan begitu nantinya pengerjaan soal terselesaikan dengan mudah bahkan bisa lulus dalam tes tersebut. Sebetulnya sudah tersedia berbagai macam tips lulus ielts yang bisa anda terapkan. Diantaranya:

Tips ikuti ujian writing

Tentunya ujian yang satu ini terbilang penting sekali hingga anda perlu melaluinya dengan baik supaya lulus. Siapa sangka ternyata ujian ini tergolong cukup sulit dimana anda perlu menguasai kosakata yang ada.

Dalam hal penulisan memang harus tepat karena salah penulisan artinya pun juga berbeda. Jika memang sekarang ini anda mencari tips tepat agar lulus ujian writing. Sebaiknya simak beberapa tips ini:

  • Jangan sampai gunakan bahasa inggris lisan dalam sebuah tulisan.
  • Sebaiknya kerjakan dahulu tugas 2 sebab dari segi skor terbilang paling tinggi.
  • Usahakan tulisan tangan begitu rapi, urut dan mampu terbaca dengan baik.

Dari beberapa tips yang telah tersedia ini tentunya bisa membuat siapapun semakin terarah saat mengerjakan tes IELTS.

Tips ikuti ujian listening

Siapa sangka ternyata ujian ini tergolong cukup sulit terlebih bagi mereka yang belum begitu lancer dengan kosakata bahasa inggris. Dari sini anda perlu lebih cermat lagi mencerna apa yang telah disampaikan. Supaya tes kali ini berhasil dan lolos sebaiknya simak beberapa tips berikut:

  • Melihat pertanyaan sebelum akhirnya anda dengarkan sebuah rekaman.
  • Usahakan menulis tanggalnya sesuai format yang tepat.
  • Jangan pernah merasa ragu meminta bantuan saat alami permasalahan dengan rekaman.
  • Usahakan memperbanyak latihan terutama dalam hal pelafalan bahasa inggris.

Tips ikuti ujian reading

Memang beberapa ujian yang ada dalam IELTS ini harus anda kuasai semuanya. Dimana setiap materi mempunyai kesulitan tersendiri. Jadi bagi siapapun anda yang kini berkeinginan mampu melewati ujian reading sebaiknya ikuti tips ini:

  • Jangan begitu banyak habiskan waktu hanya dengan beragam pertanyaan yang tak mampu untuk dijawab.
  • Biasakanlah diri dengan cara membaca artikel bahasa inggris.
  • Bacalah semua pertanyaan kemudian garis bawahi saja kata kuncinya kemudian baca setiap teksnya.

Tips ikuti ujian speaking

Kali ini anda pun juga perlu mengerti bagaimanakah caranya menguasai ujian speaking. Dimana ujian yang satu ini tak boleh diremehkan begitu saja. Supaya lulus sebaiknya simak tips berikut :

  • Lebih percaya diri dan lakukan semuanya dengan baik.
  • Jangan pernah merasa ragu meminta sang penguji mengulagi sebuah pertanyaan.
  • Apabila merasa kurang yakin sebaiknya jangan menjawab pertanyaan.
  • Dengarkan dengan seksama sebelum akhirnya memberikan jawaban.

Dengan memperhatikan berbagai macam tips di atas semoga saja keinginan untuk lulus ikuti tes ielts bisa terwujudkan. Dengan belajar giat dan selalu mencoba mengerjakan contoh soal pastinya memungkinkan siapapun memperoleh skor tertinggi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *