Tugas Kuliah Berukuran Terlalu Besar, Inilah Cara Mengecilkannya

Mempunyai banyak tugas kuliah adalah hal yang pasti akan dialami para anak kuliahan. Bentuk mengumpulkan tugas kuliah ini tentu bermacam – macam bentuknya. Ada tugas kuliah yang harus dikumpulkan dalam bentuk PDF. Ya, format file PDF menjadi format file yang dipilih untuk membuat sebuah dokumen. Biasanya untuk bisa mendapatkan format PDF ini anda harus melakukan proses konvert.

Salah satu permasalahan yang mungkin anda temukan ketika ingin mengumpulkan tugas kuliah ini adalah ukuran file dari tugas tersebut terlalu besar. Jika dalam mengumpulkan tugas tersebut ada peraturan ukuran dari file maka anda harus memperhatikannya. Apa bisa ukuran file PDF dikecilkan? Tentu saja ukuran file tersebut bisa dikecilkan. Nama dari proses pengecilan file PDF adalah kompres.

Kompres File PDF Menjadi Berukuran Lebih Kecil

Jika tugas kuliah ada banyak sekali dan mempunyai ukuran yang sangat besar anda tidak perlu merasa cemas karena ukuran dari file tersebut bisa dengan mudah dikecilkan dalam waktu yang singkat. Sudah ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengompres file PDF. Baik di kompres menggunakan aplikasi di android ataupun web Berakal.com. Cara kompres pdf sangat mudah dilakukan, anda bisa memilih menggunakan aplikasi yang anda inginkan.

Kenapa perlu dilakukan proses kompres?  Biasanya proses kompres ini dilakukan untuk mengecilkan ukuran dari sebuah file. Termasuk file PDF juga bisa di kompres. Proses kompres perlu dilakukan agar ukuran file tidak terlalu besar. Tentu saja jika mengumpulkan tugas dengan ukuran yang besar akan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pula, itulah yang belakangan ini banyak dilakukan proses kompres.

Aplikasi Kompres PDF Android dan Web Online

 

Bagi anda yang sekarang ini ingin melakukan proses kompres maka anda bisa melakukannya dengan sangat mudah. Di bawah ini akan dipaparkan mengenai berbagai jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk proses kompres baik melalui android maupun web online. Langsung saja ini dia aplikasi tersebut :

1. Compress PDF

Jika dilihat dari nama aplikasinya maka bisa dipastikan bahwa fitur yang disediakan di dalamnya hanya untuk melakukan proses kompres PDF saja. Aplikasi ini bisa anda akses di android dan digunakan dengan sangat mudah. Untuk mengunduh aplikasi ini anda bisa melakukannya secara gratis. Ukuran dari aplikasi ini kecil sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Satu kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak semua ukuran file PDF bisa di kompres dengan baik.

2. iLovePDF

Aplikasi ini bisa anda akses baik secara online di web maupun menggunakan aplikasi androidnya. Aplikasi yang satu ini menawarkan banyak fitur untuk mengedit dokumen termasuk dalam melakukan kompres PDF. Jika anda menggunakan aplikasi ini maka anda bisa melakukan berbagai hal tidak hanya melakukan proses kompres saja.

3. All PDF Reader

Apapun yang berhubungan dengan PDF bisa anda temukan di aplikasi ini. All PDF Reader ini bisa anda gunakan untuk mengedit berbagai keperluan tugas kuliah. Salah satu fitur yang disediakan di dalamnya adalah proses kompres. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, anda tinggal memilih fitur yang anda butuhkan dan langsung menggunakannya. Aplikasi ini bisa anda dapatkan sebagai aplikasi di android.

4. Free PDF Compressor

Aplikasi ini dikhususkan hanya untuk melakukan kegiatan kompres saja. Anda bisa mengunduh dan memasangnya di PC. Ukuran dari aplikasi ini sangat kecil dan mudah untuk digunakan di sebuah PC.

5. PDF Tools

Menyediakan banyak fitur terkait dengan PDF membuat aplikasi ini banyak digunakan. Jika anda ingin mengedit berbagai hal terkait dengan dokumen, anda bisa memilih aplikasi ini. Anda bisa mengaksesnya di android secara gratis.

6. PDF Utils

Aplikasi ini bisa anda temukan di android dan bisa anda operasikan secara offline. Jika beberapa aplikasi kompres PDF harus digunakan secara online maka sedikit berbeda dengan aplikasi yang satu ini. Disediakan secara gratis maka bisa anda manfaakan. Namun di dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali ikllan, namun juga menjadi aplikasi yang paling mudah digunakan untuk mengompres PDF.

Dari ulasan di atas tentu saja anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sudah dipaparkan tersebut. Aplikasi yang bisa digunakan untuk proses kompres data ada banyak sekali. Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang anda butuhkan saja. Aplikasi yang disajikan di atas memang menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan. Jika anda tidak ingin menggunakan versi androidnya maka anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi secara online di web.

Cara menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut sangat mudah. Jika anda menggunakan aplikasi khusus kompres PDF biasanya hanya akan langsung diarahkan untuk mengunggah file PDF yang ingin anda kompres. Sedangkan jika anda menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur sangat banyak maka anda akan diarahkan untuk memilih salah satu fitur yang anda inginkan. Sehingga anda bisa langsung menggunakannya. Tidak ada cara khusus yang harus anda lakukan untuk bisa mengoperasikan berbagai aplikasi tersebut. Ikuti petunjuk yang sudah diarahkan, hal tersebut akan lebih mudahkan anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *