Yuk Kenali Ukuran Sablon Kaos Manual

Dunia fashion memang terus mengalami perkembangan hingga memunculkan beragam jenis fashion. Iya para desainer memang terus berinovasi untuk menciptakan berbagai model dan desain yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat. Saat ini salah satu jenis fashion yang cukup banyak diminati adalah kaos. Kaos merupakan fashion bergaya casual dan cocok untuk digunakan semua golongan. Selain itu kaos juga sangat mudah untuk dikreasikan salah satunya adalah dengan gaya sablon. Saat ini usaha jasa sablon kaos terus bermunculan seiring semakin banyaknya peminat sablon kaos.

Dengan sablon kita dapat mengkreasikan berbagai ide dan menuangkannya ke dalam kaos yang akan kita pakai. Iya dengan kaos sablon kita bisa menghadirkan desain mulai dari identitas, gambar-gambar unik, foto, bahkan untuk keperluan iklan atau kampanye sekalipun. Iya dengan sablon kaos kita bisa mengkreasikan ide dan menuangkannya dengan bebas mulai dari bentuk, warna, hingga ukuran tertentu. Apalagi kini berkembang berbagai teknologi sablon yang memungkinkan kita untuk semakin bebas dalam menentukan desain.

Saat ini terdapat beberapa teknik sablon yang memungkinkan kita untuk lebih leluasa dalam mengkreasikan sablon kaos. Salah satunya adalah teknik sablon manual yang mana teknik ini sudah dikenal sejak jaman dulu. Teknik sablon kaos manual memiliki keunggulan yakni memiliki tingkat keawetan sablon yang cukup baik. Selain itu kita juga lebih bebas dalam mengkreasikan ukuran sablon pada pakaian kita. Yang jelas untuk menentukan ukuran sablon dengan menggunakan teknik sablon manual, kita memerlukan screen sablon.

Nah saat ini banyak sekali ukuran screen sablon yang memungkinkan Anda untuk menentukan besar kecilnya gambar sablon akan yang akan ditempel pada kaos. Selain guna menentukan ukuran, beberapa jenis screen sablon juga cocok untuk digunakan pada jenis kain tertentu. Nah berikut adalah beberapa jenis screen sablon manual yang banyak digunakan saat ini:

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Screen sablon manual 62 T

Screen sablon 62 T merupakan salah satu jenis screen yang ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk screen ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan sablon pada kaos dengan teknik foaming.

Screen sablon manual 55 T – 48 T

Untuk screen sablon 55 t – 48 T ini memiliki ciri-ciri yakni pori-porinya yang besar dan cocok untuk digunakan menyablon media yang lumayan besar mulai dari karung, selimut, handuk, dan beberapa jenis media lainnya.

Screen sablon manual 77 T

Untuk screen sablon 77 T memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Adapun penggunannya pada umumnya pada proses pengerjaan sablon kaos, spanduk, dan sebagainya yang memerlukan desain kecil.

Screen sablon manual 120 T

Nah screen sablon 120 T ini sangat cocok digunakan untuk menyablon media yang bertekstur keras seperti seng, karton, kulit, kayu, dan sebagainya.

Screen sablon manual 90 T

Adapun screen sablon manual yang satu ini memiliki kemampuan untuk menyablon beberapa media kain yang teksturnya lebih halus seperti kain sutera, satin, dan sebagainya.

Screen sablon manual 150 T

Selanjutnya adalah screen sablon 150 T uang fungsinya adalah untuk menyablon media kertas dan juga stiker dengan kualitas terbaik.

Screen sablon manual 165 T

Screen sablon 165 T memiliki ciri khas yakni screen yang halus dan lembut. Adapun penggunaannya lebih cocok untk menyablon benda-benda seperti kaca, logam, plastik, dan sebagainya.

Screen sablon manual 180 T

Untuk screen sablon ini sangat cocok untuk digunakan pada pengerjaan sablon dengan media plastik. Selain itu screen ini juga cocok untuk menyablon media yang memiliki tekstur halus.

Screen sablon 200 T

Nah untuk screen sablon 200 T pada umumnya digunakan untuk menyablon media plastik. Adapun screen ini banyak digunakan pada teknik penyablonan raster.

Jenis – jenis screen yang umum digunakan untuk sablon kaos

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Screen sablon merupakan salah satu alat yang dibutuhkan terutama untuk jasa sablon kaos yang menggunakan teknik sablon manual. Dalam hal ini screen digunakan sebagai salah satu media untuk menempelkan gambar ke permukaan kaos. Screen sablon sendiri memiliki dua bagian yakni bagian utama yang berupa bingkai dan bagian kain screen atau juga disebut dengan kasa. Bingkai yang digunakan pada screen sablon pun juga beragam, ada yang dibuat dari kayu atau ada juga yang dibuat dari aluminium.

Nah screen sablon sendiri memiliki banyak jenis yang mana penggunaannya tentu tergantung objek yang disablon serta ukuran sablon. Adapun untuk jenis-jenis screen yang lazim digunakan pada penyablonan kaos yakni terdapat beberapa kategori. Yang pertama yakni screen 48 T – 90 T yang memiliki tekstur lebih kasar, kemudian screen 120 T – 150 T yang memiliki tekstur sedang, dan screen 160 T – 1200 T yang memiliki tekstur lebih halus.

Untuk jenis screen kasar memiliki ciri yakni lubang pori-porinya yang cukup besar sehingga mampu menyalurkan tinta dalam jumlah yang banyak serta hasil yang tebal. Adapun untuk screen bertekstur sedang memiliki ciri-ciri yakni lubang pori-porinya yang agak rapat dan cocok digunakan untuk menyablon kaos yang tidak terlalu menyerap cat. Sedangkan untuk screen halus memiliki lubang pori-pori yang kecil yang mana penggunaannya cocok digunakan untuk proses penyablonan yang membutuhkan tinta yang lebih sedikit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *