Macam-Macam Warna Biru Beserta Arti dan Pengaruh Warnanya

Warna biru merupakan salah satu warna paling populer, di mana semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mengenalinya. Namun tahukah Anda bahwa warna ini sangat beragam dan punya makna di dalamnya?

Seperti yang kita ketahui, biru termasuk warna utama yang sudah sangat umum dari berbagai warna-warna lainnya. Warna ini banyak dijadikan sebagai warna favorit oleh banyak orang karena nuansa menenangkan yang dipancarkannya. Warna ini sendiri sangat identik dengan gambaran warna langit dan juga warna laut.

Macam-Macam Warna Biru

Biru adalah salah satu dari tiga warna primer additif selain warna merah dan warna kuning. Warna ini bisa dipadukan dengan warna-warna yang lain untuk menghasilkan warna baru. Seperti perpaduan biru dan merah yang akan menjadi ungu atau biru dan kuning yang akan menjadi hijau. Biru juga disebut sebagai warna langit karena cahaya berwarna biru paling banyak muncul dalam atmosfer.

Berdasarkan standar internasional, warna dapat dinyatakan dalam satuan RGB. Yakni abreviasi dari Red, Green dan Blue yang merupakan 3 warna dasar pembentuk jutaan warna lainnya. Namun walaupun demikian, warna juga dapat dibedakan lagi menjadi beberapa nama pada setiap warnanya. Contohnya saja pada warna biru, di mana kita dapat menemukan banyak jenis atau variasi biru yang berbeda-beda.

pxhere.com

Tiap jenis warna yang termasuk dalam definisi biru memiliki nama masing-masing yang didasarkan dari kecerahan dan gradasi warnanya. Terhitung ada 25 macam variasi biru yang dibagi menjadi 3 kelompok warna, yaitu:

  1. Warna Biru Terang

Jika dilihat dari seberapa terang warnanya, Anda mungkin akan lebih mengenal nama-nama warna ini dengan beberapa sebutan seperti biru laut, biru langit atau biru muda. Macam-macam warna pada kelompok biru yang sifatnya terang ini adalah aqua, cyan, light cyan, pale turquoise dan aquamarine.

  1. Warna Biru Pucat

Kelompok warna ini adalah biru yang tidak terlalu terang namun juga tidak terlalu gelap. Yang termasuk dalam macam-macam biru pucat antara lain adalah turquoise, medium turquoise, dark turquoise, cadet blue, steel blue, light steel blue, powder blue, light blue, sky blue dan light sky blue.

  1. Warna Biru Gelap

Yang terakhir adalah biru gelap, di mana pada pembagian ini terdapat variasi biru yang pasti sudah biasa Anda kenal. Nama-nama warna yang tergolong biru gelap diantaranya adalah deep sky blue, dodger blue, cornflower blue, medium slate blue, royal blue, blue, medium blue, dark blue, navy dan midnight blue.

pxhere.com

Arti dan Makna Warna Biru

Biru adalah warna yang kerap dikaitkan dengan hamparan luas laut lepas dan ruang angkasa. Sehingga tidak heran jika banyak yang mengaitkan warna ini dengan suatu ruang terbuka, kebebasan, intuisi, imajinasi, luas, kepekaan dan sebuah inspirasi.

Warna ini juga dapat melambangkan makna kedalaman, ketulusan, suatu kepercayaan, percaya diri, kesetiaan, kebijaksanaan, iman, surga, stabilitas dan kecerdasan. Hal ini karena biru mampu memancarkan nuansa yang dapat memberi efek menenangkan.

Apabila dilihat dari sudut pandang psikologinya, biru muda mampu membantu untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan daya konsentrasi. Sedangkan biru tua dapat merangsang timbulnya sebuah pemikiran yang jernih.

Sementara jika dikaitkan dengan tipe kepribadian individu, warna ini menggambarkan tipe orang yang melankolis. Biru dengan sedikit cahaya dapat memberi efek nuansa yang tenang. Apabila cahayanya bertambah seperti pada warna dingin maka biru dapat menciptakan nuansa sedih, kesendirian dan refleksi kesunyian.

Namun tidak semua gradiasi dari biru dapat memberikan ketenangan dan kedamaian. Contohnya seperti blue aesthetic atau biru cemerlang yang akan memberikan kesan dinamis dan dramatis. Sehingga dapat menjadi warna memikat yang mengekspresikan kegembiraan. Atau, beberapa corak biru dan biru pekat yang terlihat dingin sehingga memberi kesan ketidakpedulian dan dapat meredam semangat.

pxhere.com

Pengaruh Warna Biru

Masing-masing warna memiliki kekuatan yang dapat berpengaruh pada perasaan dan karakteristik. Sama halnya dengan biru, di mana warna ini seringkali dikaitkan dengan persatuan, kecerdasan, stabilitas dan konservatif. Namun jika terlalu banyak biru, maka dapat menciptakan perasaan sedih, egois dan kesendirian. Jika terlalu sedikit dapat menimbulkan kualitas kecurigaan, depresi, ketakutan, dan tidak bisa diandalkan. Inilah bagaimana biru akan mempengaruhi pikiran manusia.

Seseorang yang menjadikan biru sebagai warna favoritnya cenderung akan memiliki karakter yang konservatif, dapat diprediksi, sayang keluarga, kreatif, menenangkan dan bersifat melankolis. Orang yang suka dengan biru biasanya adalah individu yang tidak impulsif, tidak suka terburu-buru serta kaku dan keras kepala.

Demikianlah beberapa informasi mengenai macam-macam warna biru serta arti dan pengaruhnya. Namun terlepas dari itu semua, biru tetaplah warna favorit yang disukai banyak orang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *